Home / BANGKA BELITUNG / Kembangkan Minat Baca Anak, Dinas Perpustakaan Gelar Lomba Cerita dan Sinopsis

Kembangkan Minat Baca Anak, Dinas Perpustakaan Gelar Lomba Cerita dan Sinopsis

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Pangkalpinang menggelar lomba cerita dan sinopsis untuk tingkat SD dan SMP se-kota Pangkalpinang.

Pelaksanaan lomba ini akan dilakukan pada Selasa 26 Maret 2019 hingga Kamis 28 Maret 2019, dengan diikuti 68 peserta dari SD maupun SMP, dan akan dipusatkan di Hotel Aksi.

Rima Melati selaku Kasi Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Pangkalpinang, mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat baca anak.

“Seperti yang kita tahu, sekarang ini tekhnologi sangat luar biasa sekali, dimana anak-anak sekarang lebih sering untuk bermain gadget dari pada membaca, nah lewat kegiatan ini, kami ingin minat baca anak itu lebih dikembangkan lagi,” ujarnya, Rabu (27/3/2019).

Ia menjelaskan 2 kategori yang akan diperlombakan yakni lomba cerita akan diikuti oleh tingkat SD dan lomba sinopsis diikuti oleh tingkat SMP.

“Dari tingkat SD peserta berjumlah 38 orang dan SMP berjumlah 30 orang,” terangnya.

Menurutnya pula kegiatan ini pun merupakan upaya untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Kita lebih peduli lah terhadap anak-anak bangsa kita, karena membaca itu merupakan hal yang penting, bagaimana anak itu mempunyai keinginan untuk membaca,” tuturnya.

Ia juga berharap peran orang tua sangat dinantikan terutama dalam mengedukasi, meliterasi dan menanamkan kesadaran membaca pada anak-anaknya.

“Sehingga tertanam kebutuhan membaca pada anak, dan nantinya kita dapat menghasilkan SDM yang sesuai dengan Walikota inginkan, menghadirkan kota dengan seribu senyuman,” harapnya.(dnd)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish