Home / BANGKA BELITUNG / Dinkes Babel Menargetkan Tahun 2020 Masyarakat Babel Bebas dari Penyakit Kusta

Dinkes Babel Menargetkan Tahun 2020 Masyarakat Babel Bebas dari Penyakit Kusta

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan tahun 2020 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bebas dari penyakit kusta, saat memperingati Hari Kusta Sedunia bertema “Stop Diskriminasi, Ayo Sukseskan Eliminasi Kusta Bangka Belitung” di daerah itu, yang berlangsung di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Rabu (27/3/2019).

“Melalui kegiatan ini kita menyampaikan informasi seluas mungkin tentang kusta, dengan harapan di 2020 Babel sudah tereliminasi dari Kusta,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Babel, Muhammad Henri.

Ia mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya melakukan penemuan penderita kusta sedini mungkin guna menghentikan penularannyasebelum penderita teraebut mengalami cacat tetap.

“Kita selalu berharap jangan sampai kita menemukan penderita yang sudah cacat, karena ini akan jadi beban bagi pasien dan petugas yang mengobati karena butuh waktu yang cukup panjang dan biaya yang cukup besar menangani penyakit ini,” ujarnya.

Dinas Kesehatan Babel bekerjasama dengan semua kabupaten/kota untuk melakukan survei deteksi dini penyakit kusta di Babel termasuk khususnya, di sekolah-sekolah melalui Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

Dengan melibatkan UKS disekolah-sekolah, menjadi langkah untuk mendeteksi dini penderita kusta di Babel, sehingga tidak ada yang mengalami kecacatan dan di 2020 Provinsi Kepulahan Babel ini sudah tereliminasi dari penyakit kusta.

“Sejauh ini di Babel sudah ada lima kabupaten yang tereleminiasi dari kusta. Hanya Bangka Tengah dan Belitung Timur yang sedang dalam proses menuju daerah eliminasi kusta,” tutupnya.(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish