Home / BANGKA BELITUNG / Gubernur Babel Beserta Istri Ikut Rayakan HUT YPAC Pangkalpinang ke-64

Gubernur Babel Beserta Istri Ikut Rayakan HUT YPAC Pangkalpinang ke-64

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman beserta dengan istri Melati Erzaldi turut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Pangkalpinang yang ke-64, yang berlangsung di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Selasa (5/3/2019).

Dalam kesempatan tersebut Gubernur bersama istri memberikan support langsung dengan menyapa satu persatu anak-anak YPAC yang ikut dalam perayaan HUT tersebut.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Negeri Serumpun Sebalai itu juga bersama istri menyaksikan sejumlah penampilan anak-anak didik YPAC Pangkalpinang, yang walaupun mereka dengan keterbatasannya mampu menyuguhkan kemahiran Seni Tari, Tarik Suara, Puisi, Seni Musik, Seni Tata Rias, Karate, Karya Seni Lukis.

Ketua Pembina YPAC Pangkalpinang, Andi Fikri, dalam sambutannya mengatakan, YPAC Pangkalpinang yang pada tahun ini, menginjak usia 64 dalam programnya fokus pada 4 hal, yaitu Rehabilitasi Pendidikan, Rehabilitasi Keterampilan, Rehabilitasi Sosial, serta Rehabilitasi Kesehatan.

“Kedepan, YPAC Pangkalpinang, mewacanakan untuk membangun Gedung yang baru beserta Fasilitas Pendukung. Oleh sebab itu, pihaknya meminta dukungan semua pihak agar hal ini dapat terwujud,” ujarnya.

Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Gubernur Erzaldi yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

Tema yang diambil adalah “Semangat Organ YPAC Pangkalpinang, Bersinergi Membina Insan Disabilitas, Menuju Kemandirian yang Produktif dan Kreatif”.

“Sesuai Tema ini, ditampilkan hasil Seni dan Kerajinan/UMKM dari para peserta didik yang diharapkan mereka dapat secara mandiri Produktif dan Kreatif,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan, berkaitan dengan Pembangunan Gedung YPAC Pangkalpinang, saat ini telah terkumpul uang dari sejumlah Donatur, diantaranya Gubernur, yang akan membantu sebesar 5 milyar rupiah.

“Saya juga meminta dukungan terhadap semua pihak, karena pada tahun 2019 ini, tepatnya di bulan Juli, Babel akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pertemuan YPAC Tingkat Nasional,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Erzaldi, YPAC telah berkarya dan memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan kualitas SDM, khususnya bagi insan disabilitas.

“Pemprov Babel, saat ini, melalui Surat Edaran Gubernur kepada Perangkat Daerah dan Dunia Usaha, agar memberikan Peluang dan Kesempatan kepada para disabilitas untuk berkarya dan mengaktualisasikan dirinya,” terangnya.

Begitu pula dengan Perkantoran dan Fasilitas umum lainnya. Untuk itu, Erzaldi mengajak untuk bersama-sama mewujudkan Babel Inklusi dan ramah disabilitas melalui sinergi dari seluruh elemen.

Terpisah, Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi, mengemukakan, kegiatan pada Ulang Tahun YPAC Pangkalpinang ini, sebagai wadah mengekspresikan, menampilkan kemampuan para anak didik, baik di Bidang Seni, Kuliner maupun UMKM-nya.

“Melati berjanji akan ikut mengembangkan dan mengendorse hasil Kerajinan yang dihasilkan. Kedepan, pihaknya melalui Dekranasda maupun Dinas Terkait, membantu mengembangkan hasil kerajinan didikan YPAC ini,” tuturnya.

Sebelumnya, dalam kesempatan sama, Gubernur Erzaldi Rosman melakukan penandatanganan MoU antara Pemprov Babel dengan YPAC Pangkalpinang terkait Kerjasama Pemberdayaan Disabilitas.

Turut hadir dalam Perayaan HUT YPAC Pangkalpinang yang ditutup dengan Pemotongan Nasi Tumpeng itu, unsur Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal dan Swasta, Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Babel, Yulizar, Ketua Pembina YPAC Pangkalpinang, Andi Fikri, Ketua Ikatan Istri Karyawan Timah, Elisse Riza Pahlevi, sejumlah Kepala OPD Pemprov Babel, para Donatur, Pengurus, Pengajar dan anak didik dan orang tua YPAC Pangkalpinang. (*/Wa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish