Home / BANGKA BELITUNG / Dinas Koperasi dan UMKM Babel Mengadakan Program 1001 Digital Preneur

Dinas Koperasi dan UMKM Babel Mengadakan Program 1001 Digital Preneur

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Koperasi dan UMKM Bangka Belitung mengadakan Seminar Digital Preneur dalam rangka mendorong inovasi industri kreatif di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Kamis (19/7/2018).

Acara ini dihadiri oleh ribuan peserta dari pelajar SMA, mahasiswa, dan pelaku UMKM dengan menghadirkan beberapa narasumber.

Adapun tagline dari acara tersebut yakni, “Daripada Wara-Wiri Alung Wirausaha”.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komunitas Bukalapak.com Babel, Ferdinand mengatakan, tujuan dari kegiatan seminar ini adalah untuk mencari dan mengembangkan wirausaha-wirausaha muda yang kreatif dan inovatif melalui program 1001 Digital Preneur.

“Tujuam kami mengadakan Program 1001 Digital Preneur ini semata-mata untuk mencari calon wirausaha-wirausaha muda yang kreatif, inovatif, dan membuka mindset mereka dalam mengembangkan usaha melalui teknologi digitalisasi,” kata Ferdinand kepada wartawan.

Disampaikan Ferdinand melalui kegiatan ini nantinya untuk para peserta ini harus membuat proposal yang kreatif mengenai ide-ide wirausahanya.

“Setelah mereka mengirimkan proposal-proposal kreatif ke email [email protected], kemudian kita akan adakan workshop semacam bimbingan untuk membuat konten-konten yang kreatif. Karena tanpa konten yang kreatif, inovatif, menghibur, dan kece, produk tidak akan terjual sekarang, dan tidak menarik minat pasar,” ujarnya.

Selanjutkan, Ia menyampaikan dimana setelah dilakukannua seleksi, para peserta yang terpilih nantinya akan diberikan bantuan dana atau modal agar mereka dapat menjalankan dan mengembangkan usahanya.

“Disini kita pilih untuk prosedurnya yang mana proposalnya harus kreatif, dan banyak membantu masyarakat yang bisa dirasakan dari kalangan paling bawah sampai atas, dan yang pasti relevan,” terangnya.

Ferdinand menyebutkan bahwa program ini didukung langsung oleh Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elfiyena serta Diskominfo Babel.

“Jadi momen ini merupakan kesempatan emas bagi generasi muda yang mempunyai mimpi untuk menjadi wirausaha yang sukses,” sebutnya.

Ferdinand juga menyarankan kepada generasi muda untuk memanfaatkan teknologi, karena banyak ilmu yang bisa didapatkan dari sana.

“Saya disini memberikan saran kepada peserta supaya sering-sering gaul sama teknologi karena ilmu itu bisa didapatkan dimana saja dan kapan saja,” ajak Ferdinand.

Sementara Kepala dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Babel, Elfiyena mengatakan, program 1001 Digital Preneur ini menargetkan anak-anak muda yang belum terfasilitasi oleh pemerintah.

“Melalui program ini, pemerintah mulai merangkul mereka untuk menjadi wirausaha yang energik, inovatif dan mandiri,” ujarnya.

Ia mengungkapkan dengan adanya program 1001 Digital Preneur ini diharapkan muncul wirausaha-wirausaha pemula yang berwawasan teknologi dalam mengembang usahanya.

“Intinya disini kita harus ikuti jaman, kalau tidak ikuti jaman, kita akan ketinggalan, maka dengan adanya program ini, kita nanti akan magangkan mereka sehingga akan timbul wirausaha-wirausaha pemula yg memiliki wawasan digital yang luas,” tutupnya. (Wa)

About winadestika

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish