Home / BANGKA BELITUNG / Mau Mudik Nyaman dan Sehat? Jangan Lupa Bawa Kartu JKN-KIS
Kepala Cabang BPJS Pangkalpinang, dr. Adian Fitria, AAAK diwawancarai wartawan sesaat usai konferensi pers bertajuk ‘Mudik Aman dan Nyaman Bersama BPJS Kesehatan’ di Ukiie’s Garden Cafe Pangkalanbaru, Senin 4 Juni 2018 | Foto Stef Lopis

Mau Mudik Nyaman dan Sehat? Jangan Lupa Bawa Kartu JKN-KIS

Oleh: Stefanus H. Lopis | Wartawan LASPELA Group

PANGKALAN BARU, LASPELA- BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang mengingatkan para pemudik tidak perlu khawatir saat mudik ke kampung halaman dan membutuhkan layanan kesehatan, karena BPJS Kesehatan menjamin layanan kesehatan selama libur Lebaran, yakni dimulai pada H-8 sampai H+8, atau pada 7-23 Juni 2018 mendatang.

Karena itu, BPJS Kesehatan mengimbau para peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk selalu membawa kartu kepesertaannya ketika mudik berlebaran.

Kepala Cabang BPJS Pangkalpinang,  dr. Adian Fitria, AAAK dalam konferensi pers bertajuk ‘Mudik Aman dan Nyaman Bersama BPJS Kesehatan’ di Ukiie’s Garden Cafe Pangkalanbaru mengatakan, kartu peserta berguna untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bila sewaktu-waktu membutuhkannya ketika dalam perjalanan ke luar daerah.

Adian Fitria menjelaskan, pihaknya bersama fasilitas kesehatan tingkat pertama hingga rujukan berupaya memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemudik yang kebetulan melintas atau singgah di Kota Pangkalpinang dan sekitarnya.

Dia menjelaskan, pemudik akan mendapatkan layanan kesehatan asal sudah membayar iuran dan disiplin setiap bulannya. Dengan kata lain, kartu JKN-KIS aktif saat dibawa mudik ke kampung halaman.

Tak hanya itu. Untuk memudahkan pemudik, BPJS juga mengimbau masyarakat mengunduh aplikasi Mobile JKN di gadgetnya. Sehingga, pemudik tidak perlu membawa kartu fisiknya.

“Karena mudik itu arusnya kan sangat tinggi sekali, untuk itu kita tentunya perlu megatur dan berkoordinasi bagaimana cara-cara kita memberikan jaminan yang tetap selalu ada. Karena, setiap mudik itu rawan sekali dengan gangguan kesehatannya. Jadi, kita atur dari mulai puskesmas jaga sampai rumah sakit rujukan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Adian Fitria menjelaskan, untuk memastikan kelancaran pemudik dalam memerolah pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Karena, di dalam aplikasi itu memuat alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra dan juga sejumlah nomor penting.

Di samping itu, selama libur lebaran 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan care center di nomor 1500 400 yang beroperasi selama 24 jam termasuk hari minggu dan libur, guna memperoleh informasi, melakukan pengaduan, konsultasi kesehatan, mutasi dan aktivasi, pendaftaran peserta JKN-KIS, pendaftaran bayi baru lahir kategori PPU anak pertama sampai anak ketiga dan bayi peserta PBI-APBN serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

 

About stefanuslopis

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish