Home / BANGKA BELITUNG / Tuntaskan Angka Putus Sekolah, DPK Basel Luncurkan Beasiswa Cerdas

Tuntaskan Angka Putus Sekolah, DPK Basel Luncurkan Beasiswa Cerdas

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Guna meningkatkan semangat prestasi bagi pelajar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DPK) Bangka Selatan (Basel) menyediakan fasilitas beasiswa cerdas kepada para pelajar berprestasi dan tidak mampu guna menekan angka putus sekolah di daerah itu.

Dikatakan Eddy Supriadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Basel program beasiswa ini sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya, dan bisa memberi semangat baru bagi pelajar untuk bisa meraih dan masuk ke jenjang sekolah menengah atas (SMP).

“Siswa Sekolah Dasar (SD) yang kuranh mampu se-Basel akan kami berikan beasiswa cerdas agar dapat melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama,” Kata Eddy, Senin (28/5) di ruang kerjanya.

Melalui program ini, lanjutnya, tidak ada lagi alasan mendasar bagi pelajar untuk putus sekolah, karena program beasiswa ini ditujukan bagi pelajar prestasi dan tidak mampu demi mengentaskan angka putus sekolah di lingkungan kabupaten Basel.

“Kami ingin dengan adanya beasiswa cerdas bagi pelajar SD yang kurang mampu yang ingin melanjutkan ke SMP, tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan sekolah. Program ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk menekan angka putus sekolah di Kabupaten ini,” ujarnya.

Eddy berujar, bagi siswa yang kurang mampu dan belum terdaftar di PIP Pemkab Basel akan memberi kemudahan untuk melanjutkan pelajar tersebut ke tingkat SMP.

“Kami berikan ini kepada pelajar yang kurang mampu, namun belum terjaring dalam PIP ataupun beasiswa sejenis lainnya,” sebutnya.

Dengan adanya beasiswa cerdas tersebut, Eddy berharap para orang tua dapat memberikan dorongan kepada anaknya untuk terus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi demi masa depan generasi daerah.

“Jika peran pemerintah sudah optimal menyiapkan generasi terpelajar, maka orang tua juga harus mendorong dan memotivasi anak-anaknya untuk sekolah setinggi-tingginya, agar kedepan dapat membantu pemerintah dalam melakukan percepatan pembangunan di bangka selatan,” pungkas Eddy.

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish