Senam Sehat Pegawai Diskominfo Bangka Dukung GERMAS

Para pegawai Diskominfo Bangka melakukan senam pagi bersama, Jumat (17/11-2017).

SUNGAILIAT, LASPELA- Kegiatan senam pagi bersama yang dilakukan para pegawai Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka, Jumat (17/11-2017), merupakan upaya untuk mensukseskan program pemerintah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yaitu dengan rajin melakukan aktivitas fisik.

Lisa, salah satu pegawai Dinkominfotik Bangka menyampaikan, berbagai gerakan senam dilakukan para peserta dengan tetap mengikuti instruksi dari instruktur senam.

“Biasanya kita melakukan senam pagi di Halaman Kantor Bupati Bangka bersama pegawai dari dinas lainnya. Namun hari ini, khusus kita pegawai Dinkominfotik melakukan senam di kantor sendiri dengan bantuan instruktur dari luar. Ada gerakan zumba, salsa, dan lainnya juga yang membuat tubuh kita segar dan berkeringat,” ungkap Lisa.

Dikatakan Lisa lagi, senam ini dilakukan atas inisiatif bersama untuk membuat badan lebih sehat dan fresh. “Kita lakukan sebelum melakukan aktivitas kantor, ada musik dangdut, india, dan lainnya juga, yang membuat kita happy dan riang,” tukas Lisa semringah.

Hal senada dikatakan Supidah. Menurutnya, dirinya menyempatkan waktu untuk ikut senam bersama pegawai selain untuk menyehatkan badan, menyegarkan pikirkan, juga untuk menghilangkan beban.

“Gerakannya asoy, dan membuat kita bersemangat untuk melakukan senam dan gerakan, ada gerakan yang unik dan membuat tubuh kita semua bergerak dan mengeluarkan banyak keringat sehingga dapat membuat kita fresh kembali dan bisa menikmatinya,” kata Supidah.

Pemerintah Kabupaten Bangka melalu Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka baru-baru ini melakukan kegiatan talk show promosi kesehatan baik di sekolah maupun lingkungan lainnya termasuk di kantor milik pemerintah berkenaan dengan Germas.

Germas yang digagas Kementerian Kesehatan mempunyai tujuh langkah yang dapat dilakukan untuk membiasakan pola hidup sehat, yakni melakukan akitivitas fisik seperti senam dan lainnya, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

“Germas itu tujuannya jelas untuk hidup sehat. Hidup sehat dapat berdampak pada banyak hal seperti kesehatan terjaga, aktivitas semakin produktif, lingkungan bersih dan tentunya biaya berobat akan berkurang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti beberapa waktu yang lalu.

Untuk itu lanjut Then Suyanti, masyarakat termasuk para pegawai dapat melaksanakan langkah Germas mulai dari diri pribadi dan lingkungan terdekat. (ril/fiq)

Editor: Stefan H. Lopis