Layani Aduan Masyarakat, Gubernur Babel Buka Akses Respons Cepat

PANGKALPINANG, LASPELA- Dengan dibukanya akses berkomunikasi secara langsung dengan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman melalui pesan SMS, WhatsApp maupun Telepon. Beragam pengaduan dan laporan dari masyarakat Bangka Belitung (Babel) begitu mudah sampai ke Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Dengan akses tersebut, masyarakat dapat menyampaikan laporan, aduan, aspirasi, keluhan, kritik dan saran lewat layanan SMS dan WA yang masuk secara langsung ke nomor pribadi Erzaldi.

“Setiap hari banyak SMS dan WA yang masuk ke nomor pribadi. Di sela-sela kesibukan bekerja, saya berkesempatan untuk baca dan balas SMS dan WA yang masuk. Ada satu nomor yang selalu saya sampaikan secara terbuka kepada masyarakat umum dan nomor tersebut selalu saya aktifkan, ujar Erzaldi, Kamis (14/9/17).

Untuk menangani ribuan laporan masyarakat, Erzaldi punya tim respon cepat atau quick respon. Erzaldi mengatakan tidak mau bertele-tele menyelesaikan laporan yang masuk tersebut.

“Melihat kondisi seperti ini berupa banyaknya laporan dan aduan yang masuk, kedepan kami akan membuka pengaduan secara online,” tambah Gubernur bertitel Doktor tersebut.

Sementara, Staff Khusus Gubernur Babel, Bambang Ari Satria menerangkan, bahwa Gubernur bekerja serba cepat dan setiap pekerjaan harus dituntaskan sesegera mungkin.

“Kalau ada laporan yang masuk ke Gubernur lewat sms, itu diteruskan kepada tim respons cepat. Laporan tersebut di data dan kemudian apa permasalahannya dan tindak lanjutnya harus bagaimana. Kalau tentang kesehatan, laporan tersebut didisposisikan ke Dinas Kesehatan, kalau tentang sulitnya pupuk, maka kami disposisikan ke Dinas Pertanian”, jelas Bambang.

Selain itu lanjutnya, ada juga laporan masyarakat yang harus ditangani secara cepat dan segera. Follow up-nya, Gubernur kirim ke tim respons cepat nomor SMS yang masuk dan kemudian di telpon dan minta alamat rumahnya dan tim respons cepat segera meluncur ke lokasi tersebut untuk menuntaskan aduan masyarakat tersebut.

Ali, warga Rejosari Kota Pangkalpinang mengaku salut atas sistem respons cepat Gubernur Bangka Belitung. Dia menceritakan, tadi siang sekitar jam 11.15 WIB dirinya mengirin sms ke Gubernur.

“Istri saya lagi sakit dan perlu penanganan. Tak lama setelah itu, Erzaldi membalas SMS saya. Isinya, hubungi staff kami di Nomor 0852670117**. Tak lama kemudian, ada Staff Pak Gubernur yang telepon kami dan menangani persoalan yang kami hadapi,” akunya (ar)