Manchester City Vs Liverpool: Adu Taktik Dua Pelatih Top

Ilustrasi pertandingan Manchester City vs Liverpool. (Istimewa)

LASPELA, SPORT- Duel panas akan tersaji di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (9/9) mulai pukul 18.30 WIB. Dua tim top Inggris, Manchester City dan Liverpool, bakal adu kekuatan guna membuktikan siapa yang lebih baik dari keduanya.

Laga ini juga akan mempertemukan dua pelatih top yakni Pep Guardiola di kubu Man City, serta Juergen Klopp sang arsitek tim Liverpool. Pertemuan tim asuhan kedua pelatih asal Jerman dan Spanyol ini selalu menyajikan permainan menarik diwarnai saling serang.

Partai pekan keempat ini juga vital bagi kedua tim lantaran pemenangnya bisa menjadi pemimpin klasemen meski hanya untuk beberapa jam saja. Saat ini Liverpool bertengger di posisi kedua dan Manchester City ketiga namun dengan raihan poin yang sama, tujuh.

Pemenang dalam laga ini akan melewati poin yang sudah dikumpulkan Manchester United, sang pemimpin klasemen sementara. “Setan Merah” sendiri baru bermain sekitar tiga jam setelah laga Man City vs Liverpool usai.

Kyle Walker sudah lepas dari hukuman larangan larangan tampil sehingga akan kembali mengisi sisi kanan pertahanan. Namun Man City tak bisa menurunkan Raheem Sterling setelah mantan pemain Liverpool ini diganjar kartu merah dalam laga terakhir Mancester City sebelum jeda pertandingan internasional.

Manajer Man City, Pep Guardiola, memastikan bek tengah Vincent Kompany tak akan bermain melawan Liverpool setelah kembali dari membela negaranya dengan membawa cedera betis. Absennya pemain asal Belgia ini kemungkinan membuat Man City mengubah formasi.

Guardiola sepertinya akan kembali memakai formasi empat bek dan membangkucadangkan salah satu dari Gabriel Jesus dan Sergio Aguero. Namun kedua pemain bisa diturunkan bersamaan namun dengan menugaskan Jesus di sayap kiri.

Guardiola juga mengatakan, Ilkay Gundogan akan terlibat dalam pertandingan nanti malam namun kemungkinan besar tak akan turun sebagai starter.

Di kubu Liverpool, Philippe Coutinho tak cukup bugar untuk ambil bagian dalam laga pekan keempat ini. Dia pun tak masuk ke dalam daftar skuat The Reds yang tandang ke Stadion Etihad.

Liverpool berhasil memboyong Alex Oxlade-Chamberlain dari Arsenal menjelang bursa transfer musim panas ditutup. Namun pemain Inggris ini sepertinya tak akan diturunkan sebagai starter.

Simon Mignolet diistirahatkan dalam pertandingan terakhir Liverpooldi Premier League (melawan Arsenal). Kiper Belgia ini kemungkinan akan kembali menjadi starter menghadapi City.

Nathaniel Clyne bakal absen hingga akhir tahun sehingga Joseph “Joe” Gomez dan Trent Alexander-Arnold akan bersaing untuk memperebutkan posisi di sisikanan pertahanan.

Pelatih Liverpool. Juergen Klopp, juga harus memutuskan siapa akan bermain sebagai bek kiri antara Alberto Moreno dan Andrew Robertson.

Pertarungan kedua tim selalu menjanjikan partai yang menarik dan seru apalagi yang akan adu taktik adalah dua pelatih kelas dunia, Pep Guardiola di kubu Man City dan Juergen Klopp. Keduanya dikenal sebagai manajer tim yang sama-sama mengusung permainan menyerang.

Klopp belum pernah kalah dalam tiga pertemuan terakhirnya melawan Guardiola dan memenangkan lima dari 10 pertemuan dengan tim yang diasuh pelatih asal Spanyol itu.

Dia termasuk di antara sedikit pelatih yang mampu membawa tim asuhannya tampil lebih baik dibanding skuat yang ditangani Guardiola. Keduanya juga sudah mengenal karakter permainan masing-masing saat masih berkarier sebagai pelatih klub Bundesliga.

Mereka menangani klub yang dikenal sebagai musuh bebuyutan dalam sepakbola Jerman. Klopp menangani Borussia Dortmund dan Guardiola arsitek Bayern Muenchen. Tak heran kalau banyak yang mengatakan jika laga Man City lawan Liverpool menjadi partai yang harus ditonton di kompetisi Premier League pekan ini.

City baru sekali mengalami kekalahan di kandang sejak Guardiola datang ke Stadion Etihad, 12 bulan lalu. Pertemuan kedua tim di Etihad musim lalu juga berakhir imbang 1-1.

Namun terdapat kelemahan mencolok yang sama dari kedua tim ini. Meski termasuk tim papan namun lini belakang kedua tim tak bisa dikatakan solid bahkan cenderung rapuh. Dalam tiga pertandingan Premier League yang sudah dijalani masing-masing tim musim ini, Liverpool sudah kebobolan tiga gol sementara Man City dua.

Menarik untuk disaksikan aksi dari dua klub yang tergolong sangat sibuk di bursa transfer musim panas lalu. Man City mendatangkan lima pemain baru Bernardo Silva, Ederson, Kyle Walker, Benjamin Mendy, serta Danilo. Sementara Liverpool menggaet Mohamed Salah, Dominic Solanke, Andrew Robertson, dan Alex Oxlade-Chamberlain. (Whoscored/Beritasatu)

Editor: Stefan H. Lopis