Home / BANGKA BELITUNG / Pasokan Hewan Kurban Meningkat Jelang Idul Adha
Ilustrasi. (Istimewa)

Pasokan Hewan Kurban Meningkat Jelang Idul Adha

PANGKALPINANG, LASPELA- Sebanyak 1.175 ekor sapi masuk dari pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jumlah ini disebut meningkat tajam mengingat momentum Hari Raya Idul Adha yang tinggal seminggu lagi.

Kasi karantina hewan balai karantina pertanian kelas II Pangkalpinang, dr. Akhir santoso kepada negerilaskarpelangi.com, selasa, (22/8/2017) mengatakan, pada 7 Agustus 2017, lalulintas hewan melewati pelabuhan Pangkalbalam sedikit meningkat yakni 1.175 ekor sapi dan 98 ekor kambing dari Bangkalan, Madura.

Ia menyampaikan, minggu ketiga bulan agustus ini pasokan sapi akan bertambah mengingat hari raya Idul Adha semakin dekat.

“Frekuensi lalu lintas hewan kurban yakni sapi dan kambing meningkat tajam pada minggu ketiga bulan Agustus ini,” tukasnya.

Sedangkan untuk pasokan sapi dari pelabuhan Muntok, Bangka Barat sebanyak 206 ekor, sementara kambing 3.212 ekor.

Menurut akhir, meskipun mengalami peningkatan namun pasokan hewan kurban cenderung stabil.

“Jumlah pasokan cukup stabil karena untuk instalasi karantina hewan atau penampungan hewan masih cenderung sepi belum terlihat adanya penumpukan. Diharapkan di tahun ini mengalami peningkatan,”ujarnya.

Dia menyebutkan, setiap hewan kurban yang masuk melalui pelabuhan harus dikarantina terlebih dahulu melalui pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan dokumen.

“Kita selalu lakukan pemeriksaan terhadap setiap hewan yang masuk terutama pada hewan kurban agar nantinya tidak merugikan konsumen,”tutupnya. (Wina)

Editor: Stefanus H. Lopis

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: