Home / BANGKA BELITUNG / Cerita Mgr Yuwono Tentang Terpilihnya Uskup Baru Pangkalpinang
Administrator Apostolik Keuskupan Pangkalpinang yang juga Uskup Tanjungkarang Mgr. Yohanes Harun Yuwono Pr (kiri) dan Uskup baru Keuskupan Pangkalpinang Mgr Adrianus Sunarko OFM (kanan). Design: Paudar LASPELA

Cerita Mgr Yuwono Tentang Terpilihnya Uskup Baru Pangkalpinang

PANGKALPINANG, LASPELA- Administrator Apostolik Keuskupan Pangkalpinang Mgr. Yohanes Harun Yuwono Pr mengaku telah memimpikan terpilihnya uskup baru Keuskupan Pangkalpinang sebelum diumumkan Tahta Suci Vatikan.

“Pada tanggal 20 Juni 2017 sekitar pukul 02.00 pagi, saya terbangun dari mimpi. Dalam mimpi tersebut saya sangat bahagia karena Pangkalpinang mendapat Uskup Baru. Namun ternyata hanya mimpi. Ketika terbangun saya menyesal. Namun saya lalu berdoa, semoga segera terjadi, Pangkalpinang mendapat Uskup baru,” kisah Uskup Yuwono di hadapan para pastor dan beberapa umat dalam Misa Kudus di Rumah Retret Puri Sadhana, Pangkalan Baru, 28 Juni 2017.

Doa yang dipanjatkan Mgr Harun Yuwono, Uskup Keuskupan Tanjungkarang tersebut agar Pangkalpinang segera mendapat Uskup baru benar-benar terjadi.

Paus Fransiskus secara resmi mendaulat Mgr Adrianus Sunarko OFM menjadi Uskup di Keuskupan Pangkalpinang. Pengumuman resmi itu disiarkan pada hari Rabu 28 Juni 2017 pukul 12.00 waktu Vatikan atau pukul 17.00 Wib waktu Indonesia.

Sesungguhnya kabar pasti terpilihnya Mgr Adrianus Sunarko OFM sebagai Uskup Pangkalpinang sudah diterima Mgr. Harun Yuwono pada 22 Juni 2017.

“Pada tanggal 22 Juni 2017 pukul 13.20 Wib, saya mendapat telepon dari kedutaan. Duta (Mgr Antonio Guido Filipazzi-red) mengatakan, “We have a new Bishop”. Itu artinya untuk Pangkalpinang. Saya mengatakan “Thank you very much. And who is he?”. Duta menyebut nama Mgr Adrianus Sunarko OFM, dan saya mengucapkan lagi terima kasih,” kenang Mgr. Yuwono.

Sebelum Mgr Adrianus Sunarko OFM diumumkan secara resmi oleh Vatikan, Uskup Yuwono menyampaikan sudah beberapa kali bertanya kepada Duta Vatikan soal kapan waktunya akan ada uskup definitive Keuskupan Pangkalpinang.

“Setiap kali saya bertemu dengan Duta Vatikan, selalu saya menanyakan kapan akan ada kabar baik untuk Pangkalpinang. Saat kami berjumpa pada acara Tahbisan Uskup Semarang, saya tanya dan Duta menjawab “sabarlah ya”. Pada pesta perpisahan Beliau sebagai Duta Besar Vatikan yang akan pindah tugas tanggal 13 Juni 2017, Duta mengatakan kemungkinan setelah tanggal 20 Juni. Itu juga yang dikatakan sekretarisnya. Di atas tanggal 20 Juni. Sebelum tanggal itu tidak mungkin,” imbuh Uskup Yuwono.

Dengan ditunjuknya Mgr Sunarko sebagai Uskup Pangkalpinang, tentu menjadi rahmat juga bagi Mgr Harun Yuwono sehingga semakin bisa memfokuskan diri untuk menggembalakan umat di Keuskupan Tanjungkarang. Dan, dengan demikian, sudah tak ada lagi Keuskupan di Regio Sumatera yang mengalami sede vacante atau takhta lowong. (Stef H. Lopis)

Editor: Stefanus H. Lopis

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: