Pemkab Bangka akan Sekolahkan 30 Pelajar di STPP Yogyakarta

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemda Bangka dengan STPP Magelang Yogyakarta yang ditandatangani langsung Bupati Bangka, H. Tarmizi H. Saat dan ketua STPP, Ali Rachman, Kamis (4/5/2017). Foto: Humas Pemkab

YOGYAKARTA, LASPELA- Sebanyak 30 pelajar berprestasi dari Kabupaten Bangka akan disekolahkan oleh Pemda Bangka menjadi penyuluh pertanian di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Yogyakarta.

Hal ini terungkap pada acara penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemda Bangka Nomor: 420/485/DINDIKBUD/2017 dengan STPP Magelang Yogyakarta nomor : 314/SM.220/I.S/03/2017 tanggal 4 Mei 2017 yang ditandatangani langsung Bupati Bangka, H. Tarmizi H. Saat dan ketua STPP, Ali Rachman, Kamis (4/5/2017) di kampus STPP jurusan penyuluhan pertanian di Jalan Kusuma Negara Yogyakarta.

Bupati Bangka, H. Tarmizi H. Saat dalam sambutannya mengatakan, pertanian yang tangguh menjadi misi Kabupaten Bangka di bawah kepemimpinannya dan Wakil Bupati, Rustamsyah.

Untuk itulah, Pemda Bangka ingin mempunyai investasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di bidang pertanian yang salah satunya adalah menyekolahkan para pelajar Bangka menjadi penyuluh pertanian.

“Saya ingin kerjasama ini dilakukan minimal 3-5 tahun. Apa Persyaratannya akan kami ikuti. Bangka masa depannya pertanian dan pariwisata,”kata Tarmizi.

Bupati Bangka juga menyambut baik program yang disampaikan Ketua STPP yakni akan diadakan short tim education dimana tim dari STPP akan memberikan pendidikan singkat kepada penyuluh dan petani di Bangka agar bisa menjadi ahli dalam satu bidang seperti ahli jagung, Seledri, Nanas, sayur-sayuran, dan tanaman holtikultura.

“Terima kasih atas ide programnya jadi sebelum para pelajar selesai maka kita juga sudah memiliki ahli dalam bidang pertanian dalam program short time education,”ujar Bupati Bangka.

Ketua STPP Ali Rachman mengatakan, pihaknya menyambut baik perjanjian kerjasama itu yang mana nantinya para pelajar di Bangka akan dididik menjadi penyuluh pertanian dan peternakan selama 4 tahun atau setara D4 dimana untuk pendidikannya 40 persen teori dan 60 persen praktik.

Selain Bupati Bangka, turut hadir dalam penandatanganan kerjasama itu, Inspektur Darius, Kepala Dindikbud, Padli, Kabag Hukum, Tiaman Fahrulrozy, perwakilan Badan keuangan dan aset daerah, Susi, sekretaris Dindikbud, Siti Januarsih bersama pejabat struktural STPP melakukan peninjauan kampus STPP jurusan penyuluhan pertanian seluas 8 hektar yang dilengkapi asrama, perpustakaan, ruang belajar dan praktik. (edo/hum)

Editor: Stefanus H. Lopis