Home / ADVERTORIAL / Hari Pahlawan 2016, Parhan Berikan Penghargaan kepada Veteran
Suasana penyerahan penghargaan kepada veteran oleh Bupati Babar Drs. Parhan Ali (kanan) disaksikan Wakil Bupati Markus SH dan para veteran lainnya.

Hari Pahlawan 2016, Parhan Berikan Penghargaan kepada Veteran

MUNTOK, LASPELA– Rintik hujan mewarnai upacara peringatan hari Pahlawan ke-71 di lapangan Gelora Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (10/11/16).

Meski demikian tak menyurutkan semangat peserta upacara yang terdiri dari para pelajar, PNS dan aparat setempat tersebut untuk beranjak dari barisannya.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Bangka Barat Drs. H Parhan Ali. Upacara dihadiri Wakil Bupati Markus SH, Kapolres AKBP Hendro Kusmayadi, ketua DPRD Hendra Kurniady, Danramil May Inf Sahudi, kepala SKPD, staf ahli dan asisten di lingkungan setda Babar.

Sebelum upacara dimulai , polisi cilik (pocil) binaan Sat Lantas Polres Bangka Barat dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Babar menampilkan atraksi pada peringatan hari pahlawan ke- 71 yang mengusung tema ” Satukan langkah untuk negeri “.

Ratusan bahkan ribuan bola mata tertuju pada aksi pocil dan IPSI Babar. Mereka takjub melihat aksi dan skil yang ditampilkan Pocil dan IPSI Babar.

Usai upacara, dilanjutkan prosesi tabur bunga di pelabuhan Peltim Muntok. Pada kesempatan itu, Kapolres Babar AKBP Hendro Kusmayadi bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara Letda Laut, (P) Imam, menjadi pemipin upacara.

Pada  kesempatan tersebut , pemerintah Kabupaten Bangka Barat memberikan cinderamata kepada veteran pada upacara peringatan hari pahlawan di lapangan gelora Muntok, Kamis (10/11/2016) pagi.

Penyerahaan cinderamata berupa cincin emas seberat 5 gram diberikan langsung oleh Bupati Bangka Barat H Parhan Ali didampingi Wabup Markus SH dan ketua DPRD Hendra Kurniady.

Peluk canda tawa mewarnai proses penyerahan cinderamata. Dua veteran Paimin (93) dan Parta (86) tersenyum sumringah saat menerima pemberian cinderamata dari Bupati Babar.

Dikatakan Parhan, pemberian cinderamata ini sebagai bentuk wujud kepedulian pemkab Babar kepada veteran yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Ini merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului kita. Tanpa mereka (pahlawan-red) kita tidak akan mengenyam kemerdekaan dan kenikmatan seperti saat,” ungkap Parhan.

Rencananya bertepatan dengan hari pahlawan 10 November tahun mendatang Parhan akan memberikan penghargaan serupa kepada para veteran di Babar.

Selain penghargaan, Parhan juga tengah merencanakan pemberian penghargaan veteran dalam bentuk lainnya.

“Pastinya tiap tahun kami akan berikan penghargaan serupa. Selain itu, kami juga tengah merancang bentuk penghargaan-penghargaan lainnya,” jelas Parhan.

Salah seorang  Veteran Muntok Parta  ( 86 thn), yang turut menghadiri upacara peringatan hari pahlawan menyampaikan terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan pemda setempat.

“Kami sebagai pejuang Veteran menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wabup , karena saat ini pembangunan di Bangka Barat semakin maju. Pesan saya untuk  generasi penerus  agar dapat melanjutkan pembangunan ini,” harap pejuang  Veteran yang tinggal di Desa Puput ini .

Sementara itu, Wakil Bupati Markus SH mengajak seluruh elemen masyarakat Babar memaknai peringatan hari Pahlawan tahun ini.  Sebab bagi mantan anggota DPRD Babar ini, tak mudah perjuangan para veteran dalam memperebutkan dan memperjuangkan kemerdekaan.

Loyalitas Wujud Cinta Tanah Air

Untuk itu, Markus mengajak seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Babar untuk bersinergi memajukan negeri Bumi Sejiran Setason. Sebab menurut Markus, tak mudah bagi para veteran dalam memperjuangkan kemerdekaan. Jiwa raga mereka korbakan demi menjaga keutuhan dan kemerdekaan Indonesia.

Markus menyebutkan, loyalitas dan dedikasi kerja tinggi seluruh jajaran di Pemkab Babar sebagai bentuk dan ungkapan cinta daerah dan tanah air.

“Seperti yang kita tahu, tak mudah memperebutkan kemerdekaan ini, tanpa mereka (pejuang-red) kita tidak mungkin seperti ini. Untuk itu, momen ini harus kita maknai dengan bekerja tanpa pamrih dan rela berkorban demi kemajuan daerah dan bangsa ini,” pungkasnya. (adv)

Penulis: Krisna
Editor  : Stefan HL

4 5 6 7 2 3

Suasana berlangsungnya peringatan hari pahlawan ke-70 tahun 2016 di jajaran Pemkab Bangka Barat (foto: Krisna LAS PELA) 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: