Ikhwal Karhutla, Mendagri Minta Pemda Gerak Cepat

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (foto/ist)

JAKARTA, LASPELA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta kepada pemerintah daerah untuk bergerak cepat terhadap potensi munculnya titik api di wilayah mereka masing-masing. Dia mengungkapkan, instruksi tersebut sudah disampaikan jauh-jauh hari kepada Pemda.

Menurutnya, dalam mengusut masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini, Pemda diminta berkoordinasi dan menyampaikan keputusan darurat tersebut kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPP).

“Jika di daerah itu ada titik api, segera Pemda untuk membuat keputusan dalam keadaan darurat,” katanya seperti dikutip laman Kemendagri, Kamis (8/9/2016).

Hanya saja, lanjutnya, terkait dengan pos alokasi anggaran untuk penanggulangan karhutla, Pemda dapat menyampaikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup.

“Selama ini di daerah belum adanya pos anggara, jika ada satu titik api segera cepat bertindak, agar pusat cepat membantu segera sampaikan ke Kementerian Lingkungan Hidup,” katanya.

Dia menilai, terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) ini disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor angin, kondisi alam seperti gambut, serta pembakaran disengaja oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, dia meminta adanya pengawasan yang tepat dari semua pihak.

“Kemarin saya keliling Riau, kalau bisa satu hektar HTI dan ada satu hektar juga hutan alam, sehingga alam tidak terganggu,” ujarnya.

Bisnis.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: