Home / HEADLINE / CNNINDONESIA.COM / Australia Imbau Warga Hati-hati ke Indonesia
Ilustrasi

Australia Imbau Warga Hati-hati ke Indonesia

Menyusul Merebaknya Virus Zika Belakangan Ini

JAKARTA, LASPELA— Australia mengeluarkan imbauan kepada warganya untuk menjaga diri dari gigitan nyamuk ketika bepergian ke Indonesia karena ketakutan akan adanya virus Zika menyusul terjadinya beberapa kasus belakangan ini.

“Indonesia mengalami transmisi sporadis dari virus Zika yang berasal dari nyamuk. Kami mengimbau semua pelancong untuk menjaga dirinya sendiri dari gigitan nyamuk,” demikian bunyi imbauan perjalanan tersebut seperti tercantum dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri Australia.

Melalui pengumuman itu, pemerintah Australia menjelaskan bahwa tingkat imbauan perjalanan ke Indonesia belum berubah. Namun, pemerintah Australia mengimbau warganya untuk waspada tinggi ketika berada di Indonesia, terutama di Bali.

“Dengan kemungkinan virus Zika dapat menyebabkan malformasi parah pada bayi yang belum lahir, serta melakukan pencegahan dini, perempuan hamil harus mendiskusikan semua rencana perjalanan dengan dokter dan mempertimbangkan menunda perjalanan ke Indonesia,” tulis Kemlu Australia.

Virus Zika yang biasanya menyerang sel otak janin dan menyebabkan mikrosefalus ini awalnya ditemukan di Brasil pada 2015. Di Indonesia sendiri, kasus Zika pertama kali ditemukan pada Januari lalu, ketika seorang pria Sumatera diperiksa dan dinyatakan terjangkit virus tersebut meskipun tak pernah bepergian ke luar negeri.

Pada awal bulan ini, seorang anak buah kapal asal Jawa Timur dilaporklan tiba di Taiwan dengan gejala terjangkit Zika, seperti demam dan mata merah. Ia kemudian didiagnosis terjangkit virus tersebut.

Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, kemudian menjelaskan bahwa keadaan WNI itu sudah berangsur membaik dan direncanakan kembali berlayar.

Sumber: CNN 

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: