Home / BISNIS / Ketum AISI Optimis Motor Buatan Indonesia Mampu Bersaing di Eropa
Pabrik AHM

Ketum AISI Optimis Motor Buatan Indonesia Mampu Bersaing di Eropa

JAKARTA, LASPELA-– Tren penggunaan sepeda motor berkapasitas mesin kecil sedang meningkat di Eropa. Hal ini menjadi kesempatan baik bagi para produsen-produsen sepeda motor, yang memproduksi unitnya di Indonesia.

Namun, apa sanggup produsen kendaraan roda dua Tanah Air bersaing dengan produk-produk lokal di Eropa? Gunadi Sindhuwinata, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menyatakan tidak gentar, dengan hal tersebut.

“Ini merupakan peluang besar untuk ekspor sepeda motor, jadi jangan dilewatkan. Terkait dengan persaingan terhadap produk lokal di sana, seperti Italia dan Spanyol, tidak perlu khawatir, kita memilkii kekuatan juga untuk berkompetisi,” ujar Gunadi kepada KompasOtomotif, Minggu (19/6/2016) kemarin.

Gunadi melanjutkan, produsen-produsen sepeda motor yang ada di Italia dan Spanyol misalnya, kebanyakan memproduksi mesin besar. Lalu ketika mereka ingin masuk ke mesin kecil, kemungkinan teknologinya tidak seperti yang dimiliki merek Jepang yang produksi di Indonesia. Meski bermesin sederhana dan kompak, namun bisa memenuhi standar kualitas yang tinggi di Eropa.

“Lebih dari urusan mesin, mereka itu volume produksinya tidak sebesar kita, oleh karena itu, harga yang kita tawarkan juga bisa sangat kompetitif. Jadi kita ini memiliki peluang yang sangat besar untuk melakukan itu,” ujar Gunadi.

Sumber: Kompas 

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: