Home / HEADLINE / ANTARA News / Dukung Jamnas Pramuka 2016 Pemerintah Kucurkan Dana Rp 71 Miliar
Ilustrasi Jambore Pramuka.

Dukung Jamnas Pramuka 2016 Pemerintah Kucurkan Dana Rp 71 Miliar

JAKARTA LASPELA— Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelontorkan anggaran cukup besar yaitu sekitar Rp 71 miliar untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka ke-20 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat, 14-21 Agustus mendatang.

Kepastian dukungan fasilitas dari Kemenpora itu tertuang dalam naskah kerjasama yang ditandatangani Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora, Sanusi dan Sekjen Kwarna Rafli Effendi yang dilakukan di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (3/6) kemarin. “Dukungan untuk Jamnas sesuai dengan DIPA Kemenpora yang seluruhnya sebesar Rp71 miliar. Kami berharap bantuan ini memperlancar kegiatan Jamnas,” kata Sanusi.

Sesuai rencana, Jamnas ke-20 akan diikuti sebanyak 26 ribu peserta baik dari dalam maupun luar negeri. Dana yang dikucurkan oleh pemerintah ini juga akan digunakan untuk penambahan fasilitas Bumi Perkembangan Cibubur seperti MCK, listrik, air hingga poliklinik.

Menurut dia, dengan dukungan yang diberikan pemerintah, pelaksanaan Jamnas yang telah rutin dilakukan ini berjalan dengan lancar sehingga visi dan misi kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Bakal Dibuka Langsung Presiden Jokowi

Sementara itu, Sekjen Kwarnas Rafli Effendi merasa bersyukur dengan dukungan penuh dari pemerintah sehingga terkait pelaksanaan Jamnas Gerakan Pramuka. Dengan ditandatanganinya kerjasama ini maka persiapan sudah bisa dilaksanakan.

“Kami berharap Jambore yang sangat diidamkan seluruh Pramuka penggalang di seluruh Indonesia ini bisa berjalan dengan baik. Rencananya, Jambore ini akan dibuka langsung Presiden Joko Widodo,” katanya.

Terkait dengan peserta, Rafli Effendi mengatakan, selain penggalang atau usia 10-12 tahun dari seluruh Indonesia, peserta juga datang dari seluruh negara ASEAN. Selain itu juga akan hadir perwakilan dari beberapa negara Eropa. Jamnas sendiri dilaksanakan bersamaan dengan Hari Pramuka yang jatuh 14 Agustus.

Dalam Jambore 2016 ini, juga akan diberikan penghargaan kepada Pramuka teladan seperti Lencana Melati oleh presiden dan penghargaan Dharma Bhakti yang akan diberikan pada kwartir daerah yang aktif memajukan Pramuka seperti gubernur, walikota maupun bupati.

Sumber: Antaranews

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: