Kadisbudparkepora: Raimuna IV Tumbuhkan Semangat Kepramukaan

MERAWANG, LASPELA – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Bangka Belitung (Babel) kembali menyelenggarakan Raimuna Daerah IV tahun 2023 di Bumi Perkemahan Jada Bahrin, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Selasa (21/11/2023) sore.

Sebanyak 1.500 peserta dari seluruh daerah di Bangka Belitung berlenggang dalam Perkemahan Pesta yang diikuti oleh siswa SMA dan SMK se-Bangka Belitung. Sebanyak 1.212 orang diantaranya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, dengan diwarnai beragam atraksi khas kepramukaan.

Hadir dalam pembukaan Raimuna IV, Wakil Ketua Kwarda Babel Wydia Kemala Sari, Sekretaris Kwarda Zamhari dan Waka Binamuda Kwarda M Irham, serta tamu undangan.

Dalam kegiatan tersebut mengusung tema “Pramuka Piawai Indonesia Maju” memiliki makna yang sangat dalam untuk masa depan bangsa dan Indonesia dalam 20-30 tahun yang akan datang.

“Masa depan ini terletak di tangan adik-adik sekalian, oleh karena itu tanamkan dengan penuh kenyakinan dalam diri adik-adik, jadilah generasi bangsa yang mendorong kemajuan negeri ini dengan gerakan pramuka,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudkepora) Bangka Belitung, Wydia Kemala Sari dalam amanat upacara pembukaan.

Wydia menyebutkan, bahwa pramuka merupakan wahana pendidikan dan dapat terus berproses menjadi pribadi yang berjiwa merdeka disiplin mandiri serta mampu mengembangkan hubungan kemanusiaan yang baik.

“Kegiatan kepramukaan selalu disesuaikan dengan kemajuan zaman, InsyaAllah melalui kegiatan ini kalian dapat menimba ilmu dan keterampilan lebih banyak, disamping kalian peroleh disekolah, semangat berproses, tingkat ketaatan beribadah, serta dengan aktivitas olah jiwa dan olahraga,” ujarnya.

Mantan Kepala dinas pariwisata Kota Pangkalpinang itu pun menyebut dukungan dari lini internal Pramuka dan instansi terkait untuk benar-benar fokus dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas dari Pramuka penegak dan pandega di Bangka Belitung.

“Tingkat dukungan dan fasilitas terhadap gerakan pramuka kita arahkan agar kaum muda yang mencintai kegiatan pramuka sebagai wahana pendidikan, dapat terus berproses menjadi pribadi yang berjiwa merdeka, mandiri serta mampu mengembangkan hubungan kemanusiaan yang baik,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya menekankan agar pembinaan terus dilakukan secara terencana dan berkesinambungan. Pihaknya juga berharap adanya dukungan dan fasilitas terhadap Gerakan Pramuka di Babel.

“Arahkan proses pendidikan kepramukaan agar kaum muda mencintai kegiatan pramuka. Jadilah generasi bangsa yang mendorong kemajuan negeri ini melalui gerakan pramuka,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Pramuka Alfin menuturkan, pelaksanaan Raimuna IV akan dimeriahkan dengan beberapa kegiatan yang akan menambah ilmu pengetahuan bagi para Penegak dan Pandega Pramuka Babel.

“Kegiatannya nanti akan ada Ngayau, Pentas Seni, Seperadik Berguru, Kampus Seperadik. Lokasinya disini dan juga di luar Bumi Perkemahan,” ungkapnya.

Selain itu kunjungan ke universitas dan perguruan tinggi agar nantinya para siswa SMA dan SMK ini bisa mengetahui secara detail bagaimana keadaan dan jalannya dari pembelajaran di perguruan tinggi.

Pihaknya berharap, dari Raimuna IV Kwarda Babel ini akan menumbuhkan semangat kepramukaan di Babel untuk terus berkembang, dan juga turut menyukseskan Indonesia Emas 2045 dan juga menyongsong development gold yang akan dikombinasikan dengan kegiatan-kegiatan yang ada di Raimuna IV ini.(chu)