Home / TIPS / Tips Agar Tetap Bugar di Usia “Senja”
Hal yang bisa dilakukan bagi para lansia adalah menjaga semangatnya untuk menikmati masa tua dengan bahagia (dailymail.co.uk)

Tips Agar Tetap Bugar di Usia “Senja”

LASPELA, TIPS– Indonesia merayakan tanggal 29 Mei setiap tahunnya sebagai  Hari Lanjut Usia Nasional (Hari Lansia). Penetapan Hari Lansia merupakan wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia. Menurut Undang-Undang No. 13 tahun 1998, Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas.

Hari Lanjut Usia Nasional dicanangkan secara resmi oleh Presiden Soeharto di Semarang, tanggal 29 Mei 1996 untuk menghormati jasa Dr. KRT Radjiman Wediodiningrat yang memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) di usia lanjut.

Kita yang memilki orang terdekat sudah lanjut usia, mari manfaatkan momen 29 Mei untuk lebih meningkatkan perhatian kepada mereka dengan mengajaknya melakukan beberapa aktivitas fisik sebagai salah satu ungkapan rasa kasih sayang pada mereka, sebab tetap sehat dan aktif di usia lanjut merupakan harapan mereka, sekalipun beberapa keterbatasan akibat organ yang melemah penyebab kemunduran kemampuan terus mendera.

Hal yang bisa dilakukan untuk mereka adalah menjaga semangatnya untuk menikmati masa tua sembari mengajarkan beberapa hal berikut:

 Ajak berolahraga

Meskipun secara fisik sudah menurun, tetaplah untuk mengajak lansia melakukan beberapa kegiatan olahraga. Berjalan santai di pagi hari, senam, dan yoga sangat penting bagi lansia sebab hal tersebut bisa menjaga keseimbangan fisik saat usia senja mereka.

 Pola makan yang tepat.

Ingatkan kepada mereka untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran sehat karena hal itu akan membuat mereka tetap bugar. Pola makan yang tepat juga bisa kita bagikan kepada para keluarga terdekat yang memasuki usia lanjut agar mereka lebih bugar ketika sudah memasuki usia lanjut.

Hidup sehat.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik termasuk membiasakan gaya hidup sehat bagi para manula seperti mengingatkan mereka untuk berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol. Cukup mengonsumsi air putih dan menjaga pola diet juga akan bantu para lansia tetap sehat dan bugar di usia lanjut.

Selamat Hari Lanjut Usia Nasional 2016.

Sumber : www.1health.id

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: