Home / BANGKA BELITUNG / Sungailiat Triathlon 2016 Resmi Dilaunching | BANGKA BELITUNG

Sungailiat Triathlon 2016 Resmi Dilaunching | BANGKA BELITUNG

Jakarta, LASPELA – Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kegiatan Sungailiat Triathlon 2016 secara resmi dilaunching oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, Selasa, 19 April 2016 di Jakarta.

Kegiatan Triathlon 2016 akan berlangsung pada 23 April 2016 di Kota Sungailiat. Ajang ini menggabungkan tiga jenis olahraga, yakni bersepeda, renang dan marathon dengan tujuan mempromosikan potensi pariwisata Bangka sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap program pariwisata nasional Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia untuk mencapai target kunjungan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara tahun 2016.

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mengatakan, pariwisata Bangka Belitung kedepan sangat cerah dan prospeknya sangat bagus, karena memiliki unsur 3A yaitu aksebilitas, amenitas dan atraksi yang bagus dan memiliki banyak keunggulannya.

“Wisata Bangka Belitung ini unik dan mempunyai keunggulan tersendiri, kedepannya prospek pariwisatanya bagus dan cerah,“ kata Arief.

Wisatawan yang datang ke Bangka untuk menyaksikan Sungailiat Triathlon 2016 ditargetkan sebanyak 1.200 wisatawan nusantara dan 400 wisatawan mancanegara. Untuk memeriahkan event besar ini panitia akan menggelar pertunjukan kesenian daerah seperti nganggung sepintu sedulang, bazar, festival kuliner khas Bangka dan press tour.

Sementara KA. Tajudin selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel menuturkan, launching di Kemenpar ini untuk mempublikasikan pariwisata Babel ke pelaku wisata yang di undang oleh pihak Kemenpar. Hasil dari itu diharapkan kegiatan ini akan tersiar di nusantara maupun mancanegara. Acara launcing ini di daerah provinsi lain sangat ingin melakukan promosi launching seperti ini, Babel khususnya di berikan dan pertama kali bagi Babel untuk mengadakan launching di Kemenpar RI.

“Ini adalah sesuatu yang luar biasa, dan Babel bisa launching di Kemenpar bahkan event besar pertama kali bagi daerah kita melakukan launching di Kemenpar RI,” tutur Tajudin kepada media LASPELA.

Event Sungailiat Triathlon 2016 ini pesertanya diikuti 18 negara asing, yakni Amerika Serikat, Rumania, Singapore, Jepang, Malaysia, dan negara asing lainnya yang mana pusat kegiatan event ini dilaksanakan di Pantai Tanjung Pesona.

Tajudin berharap dengan adanya event besar ini bisa mendatangkan wisatawan sebanyak mungkin dan momentum ini harus di pergunakan sebaik mungkin bagi daerah-daerah lain yang ada di Provinsi Babel. Esensi dari event ini yaitu untuk kemajuan pariwisata Babel dan menunjang perekonomian masyarakat sekaligus menciptakan pendapatan bagi daerah tersebut.

“Momentum ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, dan bisa mendatangkan wisatawan luar ke Bangka. Otomatis ekonomi masyarakat berdampak bagus maupun daerahnya juga bisa jadi pendapatan,” imbuhnya.

Kegiatan Launching ini dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Babel Rustam Effendi, SE, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel KA. Tajudin beserta rombongan Bupati Bangka Tarmizi Saat dan Undangan lainnya yang langsung diundang oleh pihak Kemenpar RI.(ar/hms/naf)

About Yudhie Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: