Home / EDU-BUDAYA / Empat Senjata Tradisional Terunik Asli Indonesia

Empat Senjata Tradisional Terunik Asli Indonesia

INDONESIA merupakan negara kaya akan ragam tradisi dan budayanya. Selain dalam hal sendra tari maupun seni lainnya, Indonesia juga memiliki senjata tradisional khas dari berbagai suku di nusantara. Bahkan, beberapa di antaranya sudah tersohor di dunia.

Beberapa senjata tradisional tersebut pun tergolong unik dan tidak akan ditemukan yang serupa dengannya di dunia manapun. Berikut senjata tradisional khas Indonesia yang mendunia versi Okezone.

Rencong (Aceh)

Rencong merupakan senjata tradisional khas Suku Aceh. Senjata ini dapat dimaknai sebagai simbol identitas diri sekaligus keberanian dari suku bumi serambi makkah itu. Rencong tercatat sudah digunakan sejak masa Kesultanan Aceh di bawah komando Sultan Ali Mughayat Syah.

Screenshot_4

Senjata tradisional ini dahulu biasanya diselipkan di pinggang Sultan Aceh, para Ulee Balang kerajaan, maupun masyarakat Aceh pada umumnya. Jika Anda mengunjungi Museum Sejarah Aceh, maka dapat disaksikan Rencong emas milik Sultan Aceh sebagai saksi bisu sejarah kejayaan Kesultanan Aceh di masa lampau.

Kujang (Jawa Barat)

Kujang adalah senjata khas dari Suku Sunda, Jawa Barat. Senjata tradisional ini kemungkinan telah ada sejak medio abad VIII dan IX. Senjata ini melambangkan keberanian dan kekuatan orang Sunda.

Screenshot_5

Di samping menjadi senjata pelindung diri, Kujang juga kerap digunakan sebagai alat pertanian, hiasan hingga cenderamata. Namun pada zaman dahulu, kujang hanya dipakai oleh kalangan terbatas seperti para raja, prabuanom, golongan pangiwa, penengen, maupun para putri raja.

Keris (Jawa Tengah)

Screenshot_6

Senjata tradisional asli Jawa Tengah ini sudah populer di mancanegara. Selain berfungsi untuk melindungi diri dari kejahatan, keris juga biasa dipakai sebagai pelengkap pakaian adat guna menambah kewibawaan. Adapun bentuk keris Jawa Tengah memiliki kekhasan dari bentuk yang tidak simetris, agak melebar di bagian pangkal, dan berkelok-kelok pada bilahnya.

Mandau (Kalimantan)

Mandau adalah senjata tradisional dari Suku Dayak yang ada di Kalimantan. Senjata ini punya ciri khas berupa ukiran di bagian bilahnya.

Screenshot_7

Pada bagian bilahannya, terdapat tambahan lubang yang ditutup dengan tembaga atau kuningan yang berguna sebagai penambah keindahan mandau itu sendiri.

(uky) Sumber: (http://news.okezone.com/read/2016/03/04/340/1327861/empat-senjata-tradisional-terunik-asli-indonesia?page=2)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: