Home / EDU-BUDAYA / Berinternet Sehat, Guru Jangan Cuek Pada Siswa

Berinternet Sehat, Guru Jangan Cuek Pada Siswa

LASPELA,JAKARTA – Sebagai institusi pendidikan, sekolah dan para gurunya diharapkan bisa memberikan edukasi baik secara akademis maupun nonformal. Salah satunya, edukasi dalam penggunaan internet yang tepat.

Meski banyak sekolah sudah menetapkan sejumlah aturan yang membatasi akses siswa pada internet, peran guru juga sangat penting.

“Kalau guru cuek pada siswanya, nanti siswanya malah semakin aktif memakai internet,” ungkap Psikolog Seto Mulyadi saat dihubungi Okezone, Selasa (8/3/2016).

Pria yang akrab disapa Kak Seto itu menilai, baik guru di sekolah maupun orangtua di rumah harus bisa mengondisikan lingkungan untuk mendorong anak dan generasi muda menggunakan internet dengan cara yang tepat. Dorongan ini, kata Seto, memang harus dimulai dari lingkungan sekitar.

Dia menambahkan, dalam memberikan pemahaman kepada anak dan generasi muda dalam masalah internet ini, figur orangtua sebaiknya menghindari penggunaan anjuran yang berbentuk otoriter. Misalnya, melarang dengan tegas.

“Anak-anak itu senang dengan nuansa persahabatan. Jadi satu-satunya cara mengampanyekan berinternet sehat yaitu dengan persahabatan yang dibangun dengan anak, karena anak-anak tidak menyukai hubungan yang berbentuk otoriter,” tambahnya. (afr)

(rfa)

Sumber : (http://news.okezone.com/read/2016/03/08/65/1330688/berinternet-sehat-guru-jangan-cuek-pada-siswa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: