Home / PARIWISATA / 9 Fakta Menarik soal Gerhana Matahari Total

9 Fakta Menarik soal Gerhana Matahari Total

LASPELA – Banyak dari wisatawan mengenal Gerhana Matahari merupakan fenomena tahunan. Namun ada fakta menarik yang wajib kamu ketahui.

Berikut sembilan fakta tentang fenomena matahari yang wajib kamu ketahui, sebagimana yang dilansir dari Space-facts, Selasa (1/3/2016)

Pertama, Fenomena gerhana matahari ternyata tergantung pada posisi geometri matahari, bulan dan bumi. Karena itu, kejadian ini bisa terjadi 2 sampai dengan 5 kali tiap tahunya.

Kedua, Totalitas bulan akan benar-benar terlihat disini dimana cahaya matahari sepenuhnya akan hilang tertutupi oleh bulan.

Ketiga, Gerhana matahari total bisa terjadi setiap 1-2 tahun sekali. Maka dari itu, ini membuat kejadia ini menjadi fenomena termasuk langka.

Ke empat, bila tinggal di kutub utara atau di kutub selatan, mungkin kamu tidak hanya juga dapat secera langsung melihat gerhana parsial. Gerhana parsil ini merupakan

Kelima, waktu paling lama gerhana berlangsung ialah tujuh menit.

Ke enam, lebar jalan totalitas gerhana matahari, kiranya bisa sampai 160 km atau sekitar 10 ribu mil luas bumi. Tak heran, karena ini hampir seluruh bagian cahaya matahri tetutup oleh kegelapan bulan.

Ke tujuh, Semua gerhana hampir identik terjadi setelah 18 tahun 11 hari, periode ini disebut dengan saros.

Ke delapan, Selama gerhana matahari total , tidak hanya jalur gerhana yang seketika berubah, tapi suhu udara yang ada-pun biasa akan menjadi lebih dingin dan menurun drastis.

Terakhir, Jika benar ada planet ditengah gerhana ini, pasti akan terlihat jelas, layaknya sebuah titik cahaya yang berkilau.

(jjs)

Sumber : (http://lifestyle.okezone.com/read/2016/03/01/406/1324484/9-fakta-menarik-soal-gerhana-matahari-total)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: