Jelang Imlek, Disperindag Babel Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diprindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pastikan stok ketersediaan bahan pokok aman menjelang Hari Raya Imlek  22 Januari 2023.

“Masyarakat Babel tidak perlu khawatir untuk stok bahan pokok aman. Pada laporan mingguan Rabu lalu, sudah penuh laporan stok ketersediaan bahan pokok di Babel, sehingga lebih detail mengetahui ketersediaan barang pokok di Babel,” kata Kepala Bidang Pengendalian Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Disperindag Babel, Fadjri Djagahitam, Jumat (20/1/2023).

Ia mengatakan, hingga saat ini sebanyak 16 komoditas tersedia dari laporan yang dilaporkan distributor di Babel kepada Disperindag.

“Untuk ketersediaan beras kita di periode 2-8 Januari di Babel sebanyak 5.698 ton. Dan untuk gula pasir dari 14 distributor tersedia 808 ton,” ucapnya.

“Sedangkan stok minyak goreng kita juga aman dimana tersedia 547 ton atau liter. Dan untuk stok daging sapi cukup ada yakni 10.035 ton, jadi dipastikan aman untuk daging sapi,” tambahnya.

Fadjri menyebutkan, dari jumlah ini bisa untuk satu bulan ke depan. Namun, setiap minggu harus update terus.

“Artinya kalo dari sekian ton ada berkurang ada penambahan juga, artinya tetap terjaga. Kalau barangnya cukup perputaran rutin, maka stabil, artinya masyarakat untuk menghadapi lebaran Imlek dipastikan aman,” jelasnya.

Diakui Fadjri, meski cuaca terbilang ekstrem,  jika melihat stok yang ada saat ini, ketersediaan bahan pokok menghadapi Imlek masih aman.

“Jadikan tidak semua masyarakat mengkonsumsi itu, misalnya daging ayam rasa ada 495 ton, itukan cukup se-Pulau Babel. Walaupun cuaca terganggu, transportasi terganggu, tapi stok ini satu bulan ke depan cukup,” tutupnya.(chu)