Beri Bantuan ke Lima Kelompok Tani, Dispapar Pangkalpinang Bakal Pantau Petani Penerima Bantuan

Kabid Tanaman Pangan, Perkebunan dan Holtikultura pada Dispapar Kota Pangkalpinang, Eri Haryono, Selasa (15/10/2024).

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispapar) Kota Pangkalpinang bakal memantau petani penerima bantuan bibit cabai dan alat produksi tani yang telah diserahkan Pemerintah Kota Pangkalpinang kepada lima kelompok tani yang ada di Tua Tunu.

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Perkebunan dan Holtikultura, Eri Haryono menuturkan pihaknya akan bekerja sama dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk memantau para petani langsung ke lapangan.

“Pasti akan kita pantau, dan kita akan memantau melalui PPL, nah jadi mereka lah yang menjebatani antar Pemerintah dengan para Petani. Pemantauan juga merupakan hal yang penting, karena secara teknis petani ini butuh bimbingan,” ujarnya, Selasa (15/10/2024).

Pihaknya akan memantau sampai para petani dapat menghasilkan panen yang berkualitas baik, sehingga hasilnya juga akan kembali lagi ke petani.

Dengan bantuan-bantuan seperti ini, ia ingin petani-petani lain yang saat ini sedang tidur untuk dapat aktif kembali, karena pada dasarnya fungsi bantuan ini untuk membangkitkan semangat mereka untuk bercocok tanam.

“Sebagai stimulan bagi para petani, terlebih kita juga bersaing dengan yang lain-lain seperti tambang dan lain sebagainya, karena petani ini kadang ada kurang semangatnya melihat sisi itu, sehingga dengan bantuan ini dapat memberikan stimulan bagi mereka agar bersemangat bertani kembali,” tuturnya. (dnd).