SMA YPK Air Kenanga Gelar Pemilihan Ketua OSIS untuk Pertama Kalinya,  Bun Min Wei-Viana Callysta Berhasil Raih Suara Terbanyak

Siswa-siswi SMA YPK Air Kenanga beserta dewan guru usai pemilihan Ketua OSIS Periode 2024-2025, di sekolah setempat, Sabtu (3/8/2024).

SUNGAILIAT, LASPELA — Momen bersejarah bagi SMA YPK Air Kenanga lantaran melakukan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS di sekolah setempat, Sabtu (3/8/2024).

Dimana dalam momen ini, seluruh siswa-siswi beserta guru ikut terlibat dalam pemilihan tersebut.

Setidaknya ada tiga pasangan calon kandidat yang mencalonkan diri, yakni Bun Min Wei (kelas XB) dan wakil Viana Callysta (kelas XA), Valencia Carolina (kelas XB) dan wakil Vaneza Virginia (kelas XA), dan Roselien Leonanda (Kelas XB) dan wakil Fransiska Sanjaya (Kelas XB).

Kepala SMA YPK Air Kenanga, Muchlis Supani mengatakan, dengan adanya organisasi OSIS di sekolah diharapkan siswa-siswi SMA YPK Air Kenanga menjadi lebih aktif untuk menyampaikan aspirasi demi kemajuan sekolah.

“Siapapun nantinya yang akan terpilih diharapkan dapat membawa nama baik sekolah dan untuk pasangan yang belum terpilih tetap semangat dan terus berjuang,” katanya.

Mirip seperti pelaksanaan Pemilu pada umumnya, seluruh siswa mengikuti seluruh rangkaian pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS mulai dari mengisi daftar hadir, mengambil dan mencoblos kertas suara hingga mencelupkan jari ke dalam tinta warna sebagai tanda sudah mengeluarkan hak pilihnya.

Bukan hanya melaksanakan pemilihan ketua OSIS, kegiatan ini juga diiringi dengan acara-acara yang menarik, diantaranya penampilan dance dengan iringan lagu yang ditampilkan Xenia dan rekannya, serta penampilan dari Danielius & Andri kelas XC yang membawakan lagu Laskar Pelangi.

“Kegiatan Pemilihan ketua OSIS ini dilaksanakan guna untuk membangun jiwa demokrasi, solidaritas dan kepemimpinan siswa-siswi SMA YPK Air Kenanga,” ujarnya.

Terdapat total 103 suara termasuk siswa, guru dan juga staf SMA YPK Air Kenanga.

Dari 103 suara yang ada, dalam pemilihan ini pasangan nomor urut 1 atau pasangan Bun Min Wei-Viana Callysta meraih suara terbanyak, yakni 70 suara.

Kemudian disusul oleh Valencia Carolina-Vaneza Virginia sebanyak 19 suara, sementara pasangan Roselien Leonanda-Fransiska Sanjaya memperoleh 13 suara.

“Selamat kepada Bun Min Wei dan Viana Callysta yang menjadi ketua dan wakil ketua OSIS periode 2024-2025, harapannya semoga visi misi dan program kerja yang kalian buat terealisasikan dengan baik hingga dapat memajukan SMA YPK Air Kenanga,” ucap Muclis. (mah)