Job Fair 2024, Dindik Babel Libatkan 14 Perusahaan 

* 11-14 Juni 2024 di Halaman Kantor Gubernur Babel

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Sebanyak 59 SMK se-Babel tahun 2024 mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dan 14 Perusahaan ikut bergabung dalam Job Fair 2024, yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 11-14 Juni 2024, di halaman Kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung.

“Untuk LKS ini diikuti sebanyak 59 SMK se-Babel yang meliputi 24 bidang yakni 8 dari bidang teknologi dan Informatika, otomotif, pemasaran, perhotelan, dan sebagainya. Dan Job Fair juga akan berlangsung bersamaan dengan LKS yang mana kita libatkan 14 Perusahaan,” kata Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Saipul Akbar di Pangkalpinang, Rabu (12/6/2024).

Disampaikan Saipul, selain sebagai ajang untuk para siswa menonjolkan kemampuannya, LKS juga sebagai wadah bagi para dunia usaha/industri untuk melihat kompetensi siswa SMK terbaik dari berbagai bidang keahlian khususnya dari tujuh kabupaten/kota di Babel.

“Dengan adanya LKS ini siswa kita bisa berinovasi membuat produk unggulan dan bisa mengembangkan bakat yang ada pada diri mereka. Karena mereka nantinya akan menghadapi tekanan mental yang cukup berat dalam menghadapi tantangan ini, melalui ajang ini perlu mental dan karakter yang kuat, fokus, penguasaan teknis, problem solving yang tinggi dan kemahiran dalam mengatur waktu,” ujarnya.

“Untuk penilaian sendiri ada juri dari Babel dan kita juga datangkan juri dari Nasional. Dan untuk di bidang otomotif hadiahnya sangat menarik yakni satu unit mobil dari PT Jagorawi, sepeda motor, dan dari bidan IT hadiah utama laptop dan masih banyak hadiah lainnya,” sambungnya.

Lanjut Saipul, untuk Job Fair melibatkan 14 perusahaan tersebut di antaranya PT. Cinda Karya, PT. Asia Surya Perkasa, Cordela Hotel Pangkalpinang, PT. Telekomunikasi Seluler, CV. MM Acing Jaya, PT. Ramayana Lestari Sentosa Cabang Bangka, PT. Dirgantara, Garuda Indonesia, PT. Indomarco Pristama, Swiss-belhotel Pangkalpinang, Matahari Entertainment, Gramedia Bangka, Novotel, dan PT. Global Sinergi Bangka.

“Kita mengundang dunia industri, untuk dapat merekrut khususnya anak-anak SMK ini. Semoga ini betul-betul bisa dimanfaatkan, agar penyerapan tenaga kerja juga baik,” jelasnya.

Dia menjelaskan, adanya job fair pada kegiatan LKS 2024 ini sebagai bentuk nyata kolaborasi dunia pendidikan dengan dunia kerja.

“Jadi mereka menunjukan keterampilan dan karya-karya terbaik yang dimiliki. Dan juga menunjukkan kepada dunia bahwa lulusan SMK di Babel memang hebat, bisa dan siap kerja,” ungkapnya.

Dia menambahkan, ada beragam jenis pekerjaan dari sejumlah industri, tentunya ini bisa dimanfaatkan untuk mempermudah dalam mencari pekerjaan.

“Kita berharap dapat menumbuh-kembangkan tenaga terampil yang sesuai dengan kompentesi para siswa SMK. Apalagi saat ini semakin banyak teknologi berkembang pesat,” tutupnya.(chu)