Total PPDB Online Pangkalpinang Baru 2.704, Al Hatas Akui Kuota Belum Terpenuhi

Penanggung Jawab PPDB, Dindikbud Kota Pangkalpinang, Al Hatas Cahyadi, saat ditemui di ruangannya

PANGKALPINANG, LASPELA – Tahun ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Pangkalpinang membuka pedaftaran peserta didik baru pada Sekolah Dasar (SD) dengan kuota 3.482.

Namun hingga pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online ditutup, kuota peserta baru diisi sebanyak 2.704.

Penanggung jawab pelaksanaan PPDB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Al Hatas Cahyadi mengatakan banyak sekolah yang pesertanya masih sedikit.

Al Hatas menuturkan, jika penyebab tidak terpenuhinya kuota ini karena banyaknya peserta yang gagal daftar, dimulai dari berkas tidak lengkap dan adanya aduan masyarakat karena tidak bisa menggunakan aplikasi.

“Banyak yang tidak bisa mendaftar, karena kekurangan berkas seperti Kartu Keluarga (KK) belum 1 tahun, karena baru pindah, kemudian KK luar Pangkalpinang, karna perantauan, ada beberapa aduan yang tidak bisa menggunakan aplikasi sehingga gagal daftar,” tuturnya.

Meskipun ada beberapa sekolah yang pendaftarnya sedikit, namun ada 15 sekolah yang pendaftarnya overload diketahui memang sekolah tersebut Pendaftaran melalui jalur zonasi.

“Jalur zonasi memang banyak yakni hingga 2.536 pendaftar, Afirmasi 92 pendaftar, mutasi 76 pendaftar,” ujarnya.

Kepada orang tua yang masih belum berhasil untuk melakukan pendaftaran, jangan khawatir, karena pihak Dindikbud nantinya akan menggelar pendaftaran secara offline.

“Kami meminta kepada orang tua untuk mendaftar secara offline ke sekolah yang masih ada kuotanya,” tuturnya. (dnd)