Pemkab Basel Siapkan Tim Kesehatan untuk Cek Kesehatan Hewan Kurban Sebelum dan Setelah Disembelih

Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan, Nurudin

TOBOALI, LASPELA – Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan, Nurudin menyebutkan, selain memastikan stok hewan kurban tercukupi, pihaknya juga memastikan kesehatan pada hewan kurban yang akan disembelih dengan menurunkan sebanyak tujuh tim petugas kesehatan hewan.

“Selain itu, kami juga menurunkan tim kesehatan guna memastikan hewan yang akan dikurbankan harus sehat sebelum disembelih pada hari raya idul adha nanti,” ucapnya.

Menurut Nurudin, pengecekan kesehatan hewan kurban sangat penting untuk memastikan hewan kurban terbebas dari penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) dan Penyakit Mulut dan Kuku sehingga layak untuk disembelih.

“Hal itu kami lakukan guna memastikan hewan kurban terbebas dari penyakit LSD dan penyakit PMK,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan pengecekan hewan kurban setelah pemotongan guna memastikan daging hewan kurban aman untuk dikonsumsi.

“Tujuannya agar masyarakat tidak perlu lagi ada kekhawatiran untuk mengkonsumsi daging hewan kurban tersebut, karena tim kesehatan hewan sudah melakukan pengecekan sebelum dan sesudah penyembelihan,” pungkasnya. (Pra)