Dindikbud Dorong Kemendikbud Beri Penghargaan untuk Mastero Gasing

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaa (Dindikbud) Kota Pangkalpinang terus mengupayakan maestro gasing asal Kota Pangkalpinang Datuk Agus MD, mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bidang pelestari, karena upayanya melestarikan  Gasing Jantung Pangkalpinang.

Kepala Bidang Kebudayan Dindikbud Kota Pangkalpinang, Ratna Purnamasari mengatakan jika nanti sang Maetro Agus MD mendapatkan penghargaan pelestari tersebut maka akan kembali meningkatkan gairah anak muda untuk melestarikan gasing di Pangkalpinang.

“Jadi kami saat ini sedang berusaha agar maestro kita ini mendapatkan penghargaan, kami ingin peningkatan performa dari seorang pelestari, dan tahun ini sedang kami ajukan untuk mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud,” ujarnya, Sabtu (11/5/2024).

Bukan tanpa alasan, dengan penghargaan kepada pelestari gasing ini akan memperkuat legalitas melestarikan gasing. Ratna juga yakin jika Agus MD mendapatkan penghargaan tersebut akan menjadi suatu perhatian besar pada pelestarian gasing di Pangkalpinang.

“Akan banyak nanti orang yang melihat ini, dan ini upaya untuk menarik anak-anak muda mengenal gasing. Maksudnya dengan banyak yang hobi dan menjadi atlet gasing bisa menghasilkan sesuatu loh, yang dapat diimbangi juga oleh penghasilan tambahan,” ujarnya.

“Tapi bukan hanya sekedar itu, Datuk disini membuat dan memperkenalkan gasing untuk mencari regenerasi-regenerasi, bahkan beliau juga memberikan secara gratis kepada anak-anak yang memang berbakat pada gasing,” lanjutnya.

Dengan semangat yang ditunjukkan Agus MD inilah, bidang kebudayaan pun semangat memperjuangkan agar mendapatkan penghargaan yang akan memperkuat legalitas melestarikan gasing.

“Kalau kita kembangkan dari satu gasing sebenanrya itu luar biasa, dari pariwisata dapet, sisi negatif gadget terhadap anak juga dapet, bagaimana kita mengolah otot lengan menjadi kuat dan kepala berfikir teknik melakukan sesuatu dengan tepat sasaran. Untuk itu kita upayakan Datuk Agus MD menjadi salah satu dari tujuh maestro Indonesia yang akan mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud,” pungkasnya. (dnd)