Lusje: RA Kartini Memberi Peluang Perempuan Berkarya

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan menegaskan perempuan di Kota Pangkalpinang harus tetap berkarya dan melanjutkan perjuangan Raden Ajeng Kartini yang telah memperjuangkan hak dan emansipasi wanita agar setara dengan laki-laki.

Ia menyebutkan peringatan hari Kartini ini merupakan suatu penghormatan kepada tokoh wanita yang telah memperjuangkan hak, suara dan kehadiran perempuan di tengah-tengah masyarakat. Kartini merupakan panutan bagi semua perempuan Indonesia.

“R.A Kartini memberi peluang perempuan untuk berkarya, berkarier dan menunjukkan aktualisasi diri sebagai perempuan dan duduk bersanding dengan laki-laki mengisi pembangunan,” katanya, disela menghadiri perayaan puncak Hari Kartini yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), di Swissbelhotel, Senin (29/4/2024).

Ia menambahkan, dengan perjuangan ini, semua perempuan saat ini tidak mempunyai batas antara perempuan dan laki-laki, lalu tugas perempuan sekarang ialah menunjukan kompetensi diri duduk sejajar dengan kaum laki-laki.

“Alhamdulillah, terima kasih Kartini. Semoga perempuan-perempuan Indonesia mau mengambil peluang kesetaraan kaum perempuan,” ujarnya. (dnd)