Apresiasi Pemilu Berjalan Lancar, Lusje Sarankan Persiapan TPS Lebih Maksimal 

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah selesai dengan sukses di Kota Pangkalpinang tanpa ada catatan berarti. Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan mengatakan jika hubungan pihaknya dengan Bawaslu, KPU dan Forkopimda berjalan lancar.

“Kami berterimakasih kepada Forkopimda yang sudah bekerja bersama KPU dan Bawaslu Kota Pangkalpinang sehingga penyelenggaraan Pemilu baik Pilpres dan Pileg sudah berlangsung, walaupun kita tahu ada satu TPS yang mengulang,” katanya saat menghadiri Rapat Evaluasi Pemilu 2024, di Ballroom Swissbell Hotel, Kamis (4/4/2024).

Komunikasi antara Pemerintah Kota Pangkalpinang, Forkopimda, Bawaslu dan KPU terjalin baik dan itu merupakan modal awal dalam penyelenggaraan Pemilu kedepannya. “Tektokannya sangat mudah sekali antara kita, Forkopimda dengan Bawaslu dan KPU, dan memang itu modal kita untuk melaksnakan pemilu dikemudian hari,” ujarnya.

Ia mengatakan dengan kerja keras semua pihak tidak ada catatan berarti, memang ada gejolak ada satu TPS yang mengulang namun selain itu tidak ada catatan berarti sehingga menghambat pelaksanaan pemilu di Pangkalpinang.

Ia juga memberikan apresiasi kepada anggota PPK dan PPS yang telah bekerja dan tidak ada korban baik PPK dan PPS sebagai petugas KPU. Lusje mengaku Dinas Kesehatan juga turut ambil andil dalam kesukseskan Pemilu, karen Dinas Kesehatan telah memberikan vitamin dan suplemen kepada para petugas PPK dan PPS.

Ia juga memberikan saran kepada penyelenggara pemilu untuk lebih memperhatikan TPS nya. Lusje mengaku TPS-TPS yang digunakan saat Pilpres dan Pileg dinilainya tidak aman, ia menemukan TPS yang hanya ada tenda tanpa ada dinding kanan kiri dan cuma menggunakan terpal.

“Kalau seandainya cuaca hujan maka itu tidak aman dan pasti bocor, tidak aman bagi bilik suara kardus seperti kemarin. Saya harap ini dapat diperhatikan kembali, untuk Pemilu gubernur dan wali kota nanti,” tuturnya. (dnd)