Mulai Hari Ini, UPZ Masjid Agung Sungailiat  Terima Zakat Fitrah

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Panitia Unit Penerima Zakat (UPZ) Masjid Agung Sungailiat mulai membuka penerimaan zakat fitrah, zakat mal, infaq, shodaqoh hingga fidyah.

Sekretaris UPZ Masjid Agung Sungailiat, Beja Sihana mengatakan, layanan penerima zakat di Masjid Agung Sungailiat ini mulai dibuka hari ini hingga malam takbiran lebaran Idulfitri 1445 H.

“Hari ini kita mulai buka, bagi bapak ibu yang mau menyampaikan zakatnya, langsung ke Masjid Agung Sungailiat, dari pagi hingga malam selesai Salat Tarawih,” kata Beja, Senin (1/4/2024).

Dikatakannya, waktu penerimaan zakat tersebut dibuka sejak pagi hingga selesai tarawih, dibagi dua shift petugas yang jaga terdiri 4 orang dari masing-masing shift.

“Shift pagi mulai pukul 08.30-16.00 WIB dan shift malam pukul 16.00-21.00 WIB, atau selesai salat tarawih,” jelasnya.

Dia mengajak para muzakki (orang yang wajib membayar zakat) untuk segera melaksanakan kewajibannya membayar zakat dalam upaya mensucikan harta di bulan Ramadan.

Sebelumnya, Kemenag Bangka bersama Baznas telah menetapkan besaran zakat fitrah yang wajib dibayarkan yakni sebesar Rp42.500 per jiwa.

Besaran itu dikonversi 2,5 kilogram beras dengan harga beras Rp17.500 per kilogram, sedangkan untuk pembayaran fidyah dan kafarat ditetapkan sebesarRp25 ribu per hari, yakni untuk memberi makan satu orang miskin per hari. (mah)