Jalan Nasional yang Amblas di Bangka Barat Semakin Parah

BANGKA BARAT, LASPELA – Jalan Nasional Pangkalpinang-Mentok, di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang amblas sejak Sabtu (24/2/2024) lalu, kini semakin parah. Bahkan, lampu penerangan ambruk ke tengah jalan setelah diguyur hujan pada Senin (25/3/2024) siang tadi. Akibatnya, akses lalu lintas sempat ditutup dan hanya menggunakan satu jalur.

Salah satu pengendara, Ervan mengatakan jalan tersebut rusak parah akibat lambatnya penanganan oleh pihak terkait.

“Saya kan sering lewat sini, jalan ini sudah rusak sekitar 2 Minggu yang lalu. Kalau tiang baru hari ini, karena tadi curah hujan cukup tinggi,” katanya, Senin (25/3/2024) sore.

Warga khawatir apabila jalan tersebut tidak kunjung diperbaiki akan membuat kerusakan semakin parah serta menyebabkan kecelakaan bagi pengguna jalan.

“Kondisi ini otomatis bahaya, ini kan setiap tahun apalagi mau mendekati lebaran kan, jadi ada arus mudik dan ini rute utama masyarakat babel untuk ke pelabuhan Tanjung Kalian,” ucapnya.

Ervan berharap, pemerintah segera melakukan penanganan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lantaran amblasnya jalan tersebut berada di tikungan.

“Kita sebagai masyarakat setempat berharap, agar pemerintah dapat memperbaiki jalan ini secepatnya, apalagi ini tiang sudah rubuh, jalan otomatis gelap, dan rawan kecelakaan,” ujarnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Balai Pelebaran Jalan Nasional (BPJN) Babel, Leni mengatakan bahwa pihaknya akan segera memperbaiki jalan tersebut.

“Selamat siang, penyedia jasa akan segera mengerjakan kerusakan tersebut,” katanya dalam pesan singkat. (oka)