PMI Bangka Ajak Masyarakat Rutin Donor Darah

* Puasa tak jadi Penghalang

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka mengajak masyarakat untuk tetap berdonor darah meski di bulan Ramadan.

Sekretaris PMI Kabupaten Bangka, H Tego mengatakan, hal ini sebagai upaya pemenuhan ketersedian stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kami sangat berharap bagi masyarakat baik pendonor aktif maupun baru untuk tetap bisa menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan,” kata Tego, Selasa (19/3/2024).

Dikatakannya, aktivitas donor darah sebenarnya bisa dilakukan pada siang hari saat sedang berpuasa dan tidak membatalkan.

“Hanya saja kebanyakan orang takut staminanya turun dan tidak kuat menjalani puasa pada hari itu,” ucapnya.

Menurut Tego, PMI Bangka memperkirakan permintaan kebutuhan darah meningkat pada bulan Ramadan.

“Hal ini terjadi setiap bulan puasa dari tahun ke tahun, apalagi saat ini pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) alami peningkatan hingga 51 pasien per Minggu pertama bulan Maret kemarin,” jelasnya.

Sementara itu, warga Gang Singkep Air Ruay Kecamatan Pemali Toni mengaku siap selalu mendonorkan darahanya meski di bulan Ramadan.

“Lihat kondisi dahulu kalau disaat puasa, tapi intinya siap kapan saja untuk berdonor darah A+ kepada yang membutuhkan,” ucapnya. (mah)