TMMD ke 119 Kodim 0432 di 3 Dusun Desa Tepus, Hubungkan Korem dan Kodim Basel

TOBOALI, LASPELA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 119 kembali dilaksanakan di Bangka Selatan, tepatnya di tiga Dusun Jelumu, Ketiak dan Gumbak di Desa Tepus, Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan.

Upacara pembukaan TMMD ke 119 digelar di Desa Tepus yang dihadiri oleh Danrem 045/Gaya Brigjen TNI A. Dedy Prasetyo, Kapolda Babel diwakili Wakapolda Brigjen Pol Drs Sugeng Suprijanto, Dandim 0432/ Basel Letkol Inf Gani Rachman, Dandim 0431 / Babar Letkol Inf Kemas Muhamad Noval, Bupati Bangka Selatan Reza Herdavid, Danyonif 147/KGJ Mayor Inf Yoki firmansyah, Kapolres Basel AKBP Trihanto Nugroho, Kasdim Mayor Arm Frengki Triwibowo, dan Kasi Intel Kejari, Michael YP Tampubolon.

Pj Gubernur Babel Safrizal Zakaria menyampaikan bahwa TMMD merupakan wujud nyata dari sinergi antara TNI dan pemerintah daerah untuk mendukung percepatan pembangunan diberbagai daerah.

“Inisiatif TMMD Ini sekaligus merupakan respons terhadap aspirasi masyarakat yang diwujudkan melalui TMMD,” ungkap Safrizal.

Danrem 045 Gaya, Brigjen TNI Dedy Prasetyo menyebutkan, kegiatan TMMD ini mengerahkan 150 personel terdiri dari TNI ,POLRI serta Masyarakat. Dalam TMMD ini dilaksanakan dua kegiatan yaitu kegiatan fisik perbaikan jalan, gorong- gorong dan sasaran non fisik diantaranya ada pencegahan stunting, kesehatan, wawasan kebangsaan dan lainnya.

“Kegiatan TMMD Ke 119 ini dilaksanakan di desa tepus tepatnya di dusun Jelemu, dusun ketiak dan dusun gumbak. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 yaitu kegiatan fisik dan kegiatan non fisik,” kata Dedy Prasetyo.

Ia menambahkan, kegiatan fisik diantaranya pembangunan talud jalan sepanjang 11 Km, pembangunan gorong- gorong, rehab masjid serta sumber air bersih.

“Sementara untuk kegiatan non fisik, penyuluhan wawasan kebangsaan, larangan narkoba, pencegahan stunting, penyuluhan vaksin, dan sebagainya,” ucapnya.

Dedy mengatakan, yang menjadi fokus pelaksanaan TMMD ke-119 di Desa Tepus yakni Pembukaan Jalan, Peningkatan Perekonomian Pembangunan Infrastruktur, Sosialisasi dan Peningkatan Kesadaran Masyarakat serta Gotong Royong.

“Dengan dukungan dana dari APBD dan TNI, diharapkan TMMD ke-119 ini dapat mencapai target yang ditetapkan, yaitu menghubungkan Makorem dan Makodim sasaran dengan waktu tempuh yang optimal. Adapun waktu pelaksanaan TMMD ini dimulai sejak 20 Februari 2024 dan Akan berlangsung hingga 20 Maret 2024,” ungkapnya.

Ia pun berharap, secara bersama-sama mendukung dan melibatkan diri aktif dalam setiap kegiatan TMMD demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

“Imbauan saya kepada personel TNI khususnya mari laksanakan kegiatan TMMD ini bersama- sama dengan rakyat membangun desa sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tandas Danrem. (pra)