Pj Gubernur Serahkan 20.000 Bibit Cabai untuk Pemkot Pangkalpinang

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Gubernur  Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Safrizal Zakaria Ali menyerahkan 20 ribu bibit cabai kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang, yang diterima langsung oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Pangkalpinang, Senin (19/2/2024).

Sebanyak 20 ribu bibit cabai ini dari Kementerian Pertanian RI melalui Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel). Penyerahan 20 ribu bibit cabai ini, merupakan bagian perwujudan program Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung atau Semarak Babel.

Safrizal menegaskan, komoditas cabai dan bawang memang selalu menjadi penyumbang inflasi terbesar di Babel dan ia menyayangkan jika kebutuhan Bapok Babel masih didapat dari luar daerah.

“Hanya 20 persen produksi bawang merah se- Bangka Belitung, sementara 92 persen Babel impor dari pulau lain. Padahal kita punya lahan yang subur, kita punya semua fasilitas yang memadai tapi nyatanya kita masih kirim dari Jawa, kirim dari Palembang, kirim dari Sulawesi, kemana saja kita,” ujarnya.

Untuk itu, melalui program ini ia ingin bibit-bibit cabai yang diserahkan ini dapat dirawat dengan baik oleh ASN Pemkot Pangkalpinang agar nanti kebutuhan cabai di Babel dapat terpenuhi mandiri secara lokal.

“Kita menanam saja, biarkan cabai yang ada di pasar itu untuk masyarakat saja,” imbuhnya.

Cabai 20 ribu ini, akan diserahkan kepada seluruh ASN dan Honorer di Pemkot Pangkalpinang. “Namum diharapkan ke depan, semua masyarakat juga ikut menanam, setidaknya 1 rumah, 10 hingga 20 polybag, dengan ini kita bisa menjaga inflasi,” tutupnya. (dnd)