Jadi Pembina Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional Pj Gubernur Ingatkan Tupoksi dan Peran ASN

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal Zakari Ali mengingatkan tugas pokok fungsi dan peran Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pembangunan di negeri ini.

Hal ini ditegaskan Safrizal ketika menjadi pembina upacara memperingatan Hari Kesadaran Nasional  di Halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Senin (19/2/2024).

“Pada hakikatnya selaku manusia kita memiliki tiga peran, kewajiban, pertama sebagai mahluk tuhan kita berkewajiban mengabdi dan melaksanan perintah Allah SWT, kedua selaku insan kita harus berbuat baik dengan sesama, dan ketiga sebagai ASN atau sebagai salah satu perangkat negara kita berkewajiban menjadi abdi negara dan abdi masyarakat,” tuturnya.

Abdi negara, sambungnya, merupakan bagian penting dari  pembentukan kesadaran tentang persatun dan kesatuan bangsa, bangsa yang sangat besar ini, luas wilayahnya, maupun dari jumlah populasinya, Indonesia nomor 4 terbesar di dunia.

“Kita jaga amanah ini, dari pendahulu kita para pejuang agar bangsa ini tetap bersatu terus menerus,” ajaknya.

Tak hanya itu, sebagai abdi negara juga wajib mengabdi kepada masyarakat, ASN dituntut untuk berbuat sesuatu untuk masyarakat, dan sebagai ASN, pihaknya memiliki tanggung jawab kepada masyarakat.

“Bukan sekedar memakai baju biru, bukan sekedar memakai baju coklat, sekedar memakai seragam, tapi tidak berbuat apa-apa,” imbuhnya.

Sebagian masyarakat menyerahkan tanggung jawab itu kepada ASN, agar berlaku dan berbuat sesuatu kepada masyarakat.

“Sadarilah pikirkanlah setiap hari apa yang kita lakukan adalah bagian dari pada kesetiaan pada negara dan masyarakat, sekecil apapun tanggung jawab kita tidak ada sedikitpun yang sia-sia,” ujarnya. (dnd)