DLH Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Dimulai dari Kampung Sendiri

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang mengajak seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang untuk peduli lingkungan yang dapat dimulai dari kampung sendiri.

Kepala Dinas DLH, Bartholomeus Soeharto mengatakan kegiatan gotong royong yang digelar oleh Kecamatan Taman Sari di Kelurahan Opas Indah melibatkan tiga Sekolah Dasar (SD) di Pangkalpinang merupakan tindak lanjut dari arahan Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang terkait kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan

“Tentu ini penting untuk kita lakukan, mengingat ini adalah kampung kita dan dari kampung kita inilah kita peduli. Tiga SD ini juga ada di Opas Indah dan di sini mereka bisa belajar bahwa menjaga kebersihan itu mulai saja dari kampungnya belajar dari dini untuk menjaga lingkungan,” ujarnya, Jumat (2/2/2024).

Sebelumnya Pj Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan selalu menyampaikan kepada kecamatan atau kelurahan untuk semakin intens dalam menyelesaikan permasalahan sampah di wilayah masing-masing dan bersyukur kegiatan ini digelar kecamatan yang langsung melibatkan anak-anak.

Setelah penerapan ini, baru diharapakan anak-anak bisa juga menerapkannya di rumah. Haruslah ada gerakan pungut sampah di rumah agar lingkungan tetap terjaga dan bersih.

“Kami berterimakasih kepada Kecamatan Taman Sari dan seluruh sekolah yang terlibat, mereka bisa berhasil membuat gerakan seperti ini, dan memang dari dini  inilah kita harus tanamkan betul kecintaan anak-anak terhadap lingkungan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, harus ada kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. “Melihat semangatnya anak-anak untuk mengumpulkan sampah, orang-orang dewasa masyarakat sekitar pun harus bergerak bangkit untuk juga peduli dan jangan buang sampah sembarangan lagi,” tuturnya. (dnd)