Kuota Haji Babel Berjumlah 1.065 Orang, 53 Diantaranya Lansia Prioritas

PANGKALPINANG, LASPELA – Kuota Haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berjumlah 1.065 orang, 53 orang diantaranya adalah lansia prioritas.

“Kuota tsrsebut terdiri dari 1.001 kuota urut porsi, 9 orang Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) dan Petugas Haji Daerah (PHD) dan 2 petugas dari pihak Kanwil Kemenag Babel,” kata Kepala Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Babel, Rebuan, Rabu (31/1/2024).

Untuk KBIHU dan PHD pelusanan dilakukan pada tahap kedua, sedangkan bagi kuota urut porsi yang sudah mendapatkan Istithaah Kesehatan untuk segera melakukan pelunasan.

“Dari 1.001 kuota porsi sebanyak 840 orang sudah lulus istithaah kesehatannya, namun sebanyak 20 orang yang tidak lulus istithaah, bagi mereka yang tidak lulus kesehatan kami akan menunggu perkembangan kesehatannya,” ujarnya.

“Sementara 840 orang tadi yang lulus kesehatannya, sudah melakukan pelunasan tahap satu berjumlah 511 orang. Pelunasan ini sampai 12 Februari 2024 nanti,” katanya.

Sementara itu, untuk pelunasan ibadah haji tahap kedua dimulai pada 5 hingga 26 Maret 2024, tahap kedua pelunasan ini diperuntukkan bagi tahap satu yang gagal sistem saat pembayaran.

“Terlebih yang sudah istithaah kesehatan dan sudah ditetapkan sebagai jemaah tapi ketika pelunasan ada gangguan atau mereka yang sudah meriksakan kesehatan tapi belum terinput karena server gangguan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, jika jemaah haji belum memenuhi kuota 1.065 maka bagi lansia yang membutuhkan pendampingan, pendamping lansia bisa untuk melakukan pelunasan.

“Melunasi dengan catatan lansia tadi sudah melakukan pelunasan ditahap satu dan yang mau mendampingi lansia tadi sudah mendaftar haji dibawah tanggal 13 Mei 2019,” katanya.

Jika ternyata pendamping lansia tadi kurang dan kuota belum memenuhi 1.065 orang, maka bisa juga pendamping lainnya untuk melakukan pelunasan. “Namun jika sudah full 1.065 maka tidak bisa lagi,” tutupnya. (dnd)