Tinjau Rumah Warga Terdampak Banjir, Sukirman Minta BPBD Tempatkan Peralatan Siaga Bencana

BANGKA BARAT, LASPELA – Bupati Bangka Barat, Sukirman meninjau situasi pemukiman warga yang terdampak bajir pada (17/1/2023) tadi malam. Dia ingin memastikan warga Kelurahan Tanjung dan Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Mentok dalam keadaan sehat, setelah dilanda musibah.

“Sepanjang tahun lalu alhamdulillah tak ada, ini malah di awal tahun ini ada banjir di sini karena curah hujan cukup tinggi. Alhamdulillah warga kita masih dalam keadaan sehat karena sudah jadi tragedi tahunan dan mereka antisipasi,” katanya, Kamis (18/1/2023).

Dia berharap warga yang terdampak banjir dapat bersama-sama menata kembali kondisi lingkungan yang masih terdapat ceceran pasir dan lumpur. Selain itu, BPBD Babar juga diminta bisa membantu membersihkan kembali rumah warga.

“Saya sudah arahkan BPBD dan Satpol PP agar menyemprot pasir dan lumpur di sini. Kedua, saya juga minta BPBD untuk menyiagakan segala macam peralatan tanggap darurat bencana di sini beserta personel selama periode musim hujan ini berlangsung,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Sukirman, setelah periode di musim hujan berakhir, peralatan tanggap darurat bencana kalau bisa juga masih ditempatkan di Kampung Ulu. Cari lahan kosong dan berdayakan masyarakat Kampung Ulu untuk merawat peralatan tersebut.

“Jangan sampai pada saat ada banjir di sini kita tidak siap, perahu karet ada bocor dan lain sebagainya. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada segenap elemen stakeholder, TNI, Polri, BPBD, Satpol PP yang telah berjaga di sini,” katanya. (oka)