Apresiasi Pencapaian Target Pajak Pemkot Pangkalpinang, Ini Catatan dari Anggota Dewan

PANGKALPINANG, LASPELA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang Rio Setiady mengapresiasi pencapaian target pajak Pemerintah Kota Pangkalpinang, dengan pencapaian ini tentu masih meninggalkan beberapa catatan penting agar lebih baik lagi.

Rio mengatakan pencapaian ini tidak terlepas dari kolaborasi bersama Pemerintah Kota Pangkalpinang dengan seluruh stakeholder terkait.

“Dalam hal pendapatan, kami mengapresiasi pemerintah daerah yang sudah mencapai target yang telah disepakati di tahun sebelumnya pada proses penganggaran,” tuturnya, Senin (15/1/2024).

Salah satu catatan dari Rio ialah Pangkalpinang adalah kota perdagangan dan jasa, maka sektor jasa dan perdagangan ini harus memiliki data akurat dan valid.

“Dengan data yang akurat dan valid, perencanaan dan pencapaian target anggaran setiap tahunnya diharapkan dapat erjalan dengan valid dan selalu on the track,” katanya.

Ada beberapa titik yang perlu kita gali pada sektor retribusi, contohnya saja seperti retribusi masuk pantai pasir padi yang sampai dengan hari ini belum ada kepastian dari pemerintah daerah apakah akan menggunakan retribusi atau tarif parkir.

Tidak hanya itu, juga termasuk pajak restoran atau rumah makan, Rio berharap ini dapat segera terselesaikan karena hal ini berpengaruh langsung dengan pendapatan daerah dapat, termasuk juga kerjasama dengan bank daerah.

Ia juga sering mendapatkan banyak masukan dari masyarakat terkait dengan agenda food milenial festival atau acara bazar UMKM Yang mana setiap pedagang memiliki kewajiban untuk membayar retribusi yang tentu nilainya bervariasi.

“Kami harap kedepannya dapat dilaksanakan dengan memperhatikan kondisi UMKM di sekitarnya jangan sampai kemudian memunculkan kesenjangan diantara para pelaku UMKM,” ujarnya. (dnd)