Personel Pos Ops Lilin Menumbing 2023 Siaga Amankan Pelabuhan Sadai

TUKAKSADAI, LASPELA – Personel Pos Pelayanan Pelabuhan Sadai Ops Lilin Menumbing 2023, melaksanakan pengamanan dan pelayanan keberangkatan kapal di Pelabuhan Sadai dengan Rute Sadai-Belitung.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya antisipasi terhadap potensi gangguan keamanan dan untuk memastikan kelancaran pelayanan di pelabuhan.

Kapolres Basel, AKBP Toni Sarjaka mengatakan, Polres Basel berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan keamanan terbaik kepada masyarakat yang menggunakan layanan pelabuhan di Desa Sadai Operasi Lilin Menunbing 2023 ini merupakan langkah preventif Kepolisian untuk menjaga ketertiban dan keamanan di pelabuhan Sadai.

“Dalam pelaksanaan tugasnya, anggota Pos Pelayanan juga mendata penumpang yang naik maupun turun, guna memastikan adanya catatan yang akurat terkait pergerakan penumpang di pelabuhan sehingga dapat memastikan bahwa proses embarkasi dan debarkasi berlangsung dengan tertib dan aman,” kata Toni, Minggu (31/12/2023).

Ditambahkan KBO Satpolair Ipda Reno Iskandar untuk petugas Pos Terpadu Ops Lilin tersebut merupakan sinergitas antara TNI-Polri dan juga melibatkan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Tim Kesehatan.

Menurut Kepala Pos Pam Sadai itu, sinergitas personel Pos Terpadu Pelabuhan Sadai Ops Lilin Menumbing 2023 Polres dalam memberikan pelayanan maksimal.

“Tujuannya untuk melancarkan aktivitas penumpang turun dan naik dari setiap Kapal yang sandar di Dermaga Pelabuhan Sadai melalui pelayanan prima,” kata Reno, Minggu (31/12/2023).

“Jadi, kami disini bersinergi, bukan hanya Polri. Ini merupakan bentuk atau wujud Negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dimana Pos Terpadu Pelabuhan Sadai ini merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Lilin Menumbing 2023 di jajaran Polres Bangka Selatan,” tambahnya Ipda Reno.

Ia menjelaskan, dalam operasi Lilin Menumbing 2023, anggota Pos Pelayanan Pelabuhan Sadai aktif mengawasi kegiatan embarkasi dan debarkasi kapal, serta memberikan himbauan kamtibmas kepada penumpang.

“Selain itu juga, mereka juga melakukan patroli untuk mencegah calo tiket, serta menjaga agar tidak terjadi tindakan 3 C, aniaya, pungli, dan bahaya kebakaran,” ucapnya.

Ia menyebutkan, momen liburan ini pasti menjadikan aktivitas orang datang dan pergi melalui pelabuhan cukup padat, untuk itu, keberadaan personel Pos Pam ini guna memberikan pelayanan kepada setiap mereka yang membutuhkan.

“Selama pelaksanaan aktivitas penumpang turun maupun naik, situasi Kamtibmas berjalan aman, lancar dan tertib tanpa adanya gangguan, terima kasih kepada masyarakat yang sudah membantu mendukung kelancaran tugas-tugas kami mengamankan jalannya rangkaian-rangkaian giat di Pelabuhan Sadai,” pungkasnya. (pra)