Tempati Gedung Baru, Kadinkes Ingatkan Puskesmas Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

PANGKALPINANG, LASPELA – Gedung baru Puskesmas Gerunggang dan Kacang Pedang telah diresmikan, dengan diresmikannya dua gedung ini diharapakan pelayanan kesehatan tingkat pertama lebih meningkat, nyaman dan representatif dan sesuai standar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Masagus Hakim menuturkan dari sembilan Puskesmas sudah lima puskesmas yang sudah ada penilaian akreditasi dan tiga diantaranya adalah Paripurna, Rabu (27/12/2023).

“Harapan kami bisa meningkat pelayanan kesehatan yang kami berikan untuk masyarakat, dan mudah-mudahan kedepan puskesmas lainnya juga akan menyandang predikat paripurna,” tuturnya.

Dengan gedung baru ini, Hakim mengaku sudah memberikan saran kepada puskesmas untuk menambah jam operasional khususnya bagi puskesmas yang berada di tengah kota.

“Saya juga sudah menyarankan ke puskesmas untuk membuat inovasi, karena gedung kan sudah bagus tinggal operasionalnya, saya harap bisa buka sore, puskes-puskes yang di tengah kota, seperti Taman Sari mungkin bisa buka dari jam 4 sampai jam 8 malem,” ujarnya.

Pelayanan di puskesmas tentunya akan sesuai dengan standar pelayanan tingkat pertama, seperti poli umum, poli gigi, poli lansia, poli balita sehat dan poli-poli lain.

Ia juga mengatakan dalam pengerjaan membangun gedung-gedung baru untuk Puskesmas ini tentu menemukan tantangan, ia mengaku menerima kritikan tetapi jangan membesar-besarkan.

“Karena pembangunan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), dengan DAK itu orang pusat melihat dan memantau, kalau ternyata ada masalah mereka tidak mau lagi menggelontorkan anggaran,” tutupnya.(dnd)