Jelang Nataru Pemkab Babar Cek Gudang dan Ritel di Kecamatan Mentok

BANGKA BARAT, LASPELA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) bersama Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satreskrim Polres Babar dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang, melakukan pengecekan ke sejumlah gudang agen pangan dan ritel yang ada di Kecamatan Mentok, Selasa (19/12/2023). Kegiatan itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan keamanan sejumlah pangan menjelang perayaan Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Karena biasanya momen seperti kebutuhan pangan itu semakin meningkat, khawatirnya para agen ini ada yang teledor atau lalai, maka dari itu kita bersama BPOM dan Polres lakukan sidak keamanan pangan,” ucap Sekda Babar, Muhammad Soleh.

Saat sidak, para pedagang dan agen diminta untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa serta memisahkan letak makanan pangan dan jon pangan. Dari hasil pemeriksaan, tim gabungan memberikan sejumlah catatan untuk ditaati para agen.

“Kita masih ada beberapa catatan kepada pihak agen untuk meningkatkan keamanan pangannya. Kita minta mereka untuk menindaklanjuti, nanti (didampingi) BPOM. Dari Dinas Pertanian maupun BPOM sudah memberikan catatan, paling lambat April (2024) catatan itu sudah ditindaklanjuti,” ucapnya.  (oka)