Selisih Satu Medali, Riau dan Babel Kejar-kejaran Posisi Puncak

* Atletik Sumbang Sembilan Medali

PEKANBARU, LASPELA — Perjuangan tak henti terus ditunjukan para atlet Bangka Belitung (Babel) di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Riau. Memasuki hari keempat, Babel masih memberi perlawanan, kendati harus menempati posisi kedua di klasemen semetara perolehan medali.

Seperti yang diumumkan oleh panitia Porwil Sumatera XI Riau, Rabu (8/11/2023) per pukul 22.00 WIB.

Tuan rumah, Riau tampaknya masih gagah berada di puncak klasemen sementara dengan perolehan sebanyak 71 medali, terdiri 29 emas, 14 perak dan 28 perunggu.

Atau terpaut satu medali dengan Babel dengan perolehan sementara sebanyak 70 medali, terdiri dari 28 emas, 19 perak dan 23 perunggu. Sementara di posisi ketiga ada Sumatera Barat (Sumbar) dengan perolehan 60 medali.

Lalu Sumatera Selatan (Sumsel) di urutan keempat dengan 45 medali, posisi kelima ada Lampung 32 medali, Jambi di posisi keenam dengan 29 medali, Kepulauan Riau (Kepri) peringkat ketujuh dengan 28 medali, dan terakhir Bengkulu dengan 12 medali.

Berdasarkan catatan, tambahan 9 emas Babel disumbang sepenuhnya dari cabang olahraga (Cabor) Atletik. Di nomor pertandingan 5.000 meter putra oleh Roby Sianturi, 4×400 meter mix Tim Babel, tolak peluru putri oleh Ifles, lompat jangkit putri oleh Sofura Al Humairo, 800 meter putri oleh Marina, 800 meter putra oleh M Ardianto, sapta lomba putri oleh Rohimayati, dan Tim Babel putra/putri di nomor pertandingan 800 meter.

Sementara sumbangan 3 medali perak dari dua cabor Atletik dan satu Renang. Dan tambahan 7 perunggu yang disumbangkan dua cabor Atletik, 3 Renang dan 2 cabor Sepak Takraw.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Babel Ricky Kurniawan terus mengapresiasi semangat juang para atlet. “Hari ini kita terpaut satu medali dari tuan rumah (Riau),” ujar Ricky.

Ia bersyukur, dengan raihan ini telah memenuhi apa yang ditargetkan KONI Babel untuk merebut tiga besar di Porwil Sumatera XI Riau, mengingat selisih jauh dengan peringkat tiga, Sumbar.

Meski demikian, Ricky tetap berharap dan optimis adanya pencapaian terbaik oleh para atlet di sisa pertandingan Porwil Sumatera XI Riau.

“Kita tetap berharap hari selanjutnya bisa menambah medali, karena masih ada nomor pertandingan andalan. Semoga semua berjalan lancar, dan saya kembali meminta bantuan doa dari masyarakat Babel agar atlet kita bertanding dengan maksimal,”  pungkasnya.(rell/*)