Distangan Babar Gelar Pangan Murah

BANGKA BARAT, LASPELA – Memperingati Hari Pangan Sedunia ke-43 tahun 2023, Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Kabupaten Bangka Barat (Babar) menggelar program Gerakan Pangan Murah (GPM), Rabu (18/10/2023) di Lapangan Gelora Mentok.

“Jadi karena diinisiasi Bapanas, untuk anggaran dari mereka. Kegiatan GPM ini sudah dua kali kita gelar tahun 2023 ini, yang pertama itu tanggal 26 Juni kemarin,” kata, Kabid Ketahanan Pangan Distangan Babar, Havita Dwi Anggasari.

Dikatakan Havita, kegiatan GPM ini digelar untuk menyikapi kondisi harga pangan di pasaran saat ini. Terutama komoditi beras yang saat ini harganya cukup melambung tinggi dan menjadi komoditas penyumbang inflasi terbesar.

“Makanya kita gelar acara GPM ini kerja sama dengan Perum Bulog dan beberapa distributor, ID Food juga, jadi kita hadirkan pangan-pangan yang memang banyak berkontribusi dalam stabilitas harga. Jadi masyarakat bisa mengakses pangan dengan harga yang wajar,” terangnya.

Adapun yang dijual pada GPM kali ini, di antaranya beras premium dan medium, minyak goreng, terigu, gula, daging ayam, telur, bawang merah dan putih, cabai dan sayur-mayur lainnya.

Terpisah salah satu pembeli, Sari (52), warga Kelurahan Sungai Baru mengatakan, meskipun harganya tidak terlalu murah, tapi lumayan membantu. Dia berharap kegiatan serupa diadakan setiap bulan.

“Harganya memang beda tipis ya dari pasaran, tapi lebih murah sedikit. Ya jelas, sangat membantu masyarakat. Kalau bisa diadakan lagi kegiatan seperti ini Pak, jangan sekali-sekali saja, misalnya beberapa bulan ke depan bisa diadakan lagi,” ucapnya. (oka)