Operasi Katarak Gratis PDIP Targetkan 500 Orang Berhasil Kembali Melihat

PANGKALPINANG, LASPELA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Rudianto Tjen menargetkan 500 lebih masyarakat Bangka Belitung (Babel) penderita katarak dapat dioperasi dalam Bakti Sosial bertajuk Operasi Katarak Sembuhkan Mata Kembali Melihat Dunia, yang digelar di RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Jumat (6/10/2023).

Sampai saat ini jumlah yang bisa mengikuti boperasi sebanyak 260 orang dan sudah ada 200 yang sukses dioperasi.

“Targetnya sendiri 500 selama tiga hari ini, tapi sekarang kami sistemnya untuk di Bangka ini, siapapun yang datang dan sesuai dengan syarat pasien yang dapat dioperasi, silahkan operasi,” kata pria yang kerap disapa Rucen itu.

Sebanyak 19 tim Dokter Jakarta dibantu 40 sampai 50 tenaga kesehatan turun dalam bakti sosial ini, bersama-sama membantu masyarakat Bangka Belitung agar kembali dapat melihat dengan normal.

Tidak hanya itu, pada bulan November PDIP juga akan menggelar operasi katarak gratis di Belitung, sehingga Bangka dan Belitung ini dapat terselesaikan masalah kataraknya.

“Tidak tahu nanti akan di Belitung atau Belitung Timur nya, kita lihat saja nanti, dimana yang banyak pasiennya di situlah kita gelar,” ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader, fraksi yang sudah bersama-sama patungan sehingga terkumpul dana untuk menggelar operasi katarak. “Para sponsor yang sudah ikut serta mendukung acara ini, kami berterimakasih,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu masyarakat, Indah mengucapkan terima kasih kepada Rucen yang telah membantu operasi ini, warga asal Toboali ini juga berharap dengan operasi ini, mata suaminya dapat kembali normal.

“Mudah-mudahan dengan operasi ini suami lekas melihat dengan normal, mudah-mudahan pak Rucen pun semakin sukses,” tuturnya. (dnd)