Peletakan Batu Pertama Gedung Polres Bangka, Kapolda: Pakai Uang Rakyat Pelayanan Harus Meningkat

SUNGAILIAT, LASPELA – Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya bersama Forkopimda Bangka melakukan peletakan batu pertama pembangunan rehab gedung utama Polres Bangka, Rabu (17/5/2023).

Peletakan batu pertama itu juga dihadiri oleh Wakapolda Brigjen Sugeng Suprijanto, Bupati Bangka Mulkan, PJU Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya, Ketua DPRD Bangka Iskandar beserta Forkominda Bangka.

Kapolda berharap dengan adanya pembangunan ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi, Polres Bangka ini merupakan Polres dengan jumlah personil besar di Bangka Belitung.

“Pembangunan gedung ini kan pake uang rakyat harus semakin meningkat pelayanan kepada masyakarat setelah menempati gedung yang baru,” kata Irjen Pol Yan Sultra.

Kapolres Bangka, AKBP Taufik Noor Isya mengatakan pembangunan dan rehap Gedung Utama Polres Bangka ini bersumber dari dana hibah yang diberikan oleh Kabupaten Bangka tahun anggaran 2023.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Bangka dan pemerintahan Kabupaten Bangka yang telah memberikan bantuan dana hibah guna pembangunan gedung utama Polres Bangka,” kata AKBP Taufik.

Selain itu, Kapolres juga menambahkan dengan adanya gedung yang baru dapat memberikan motifasi personel dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Saat ini, pengerjaan dengan merobohkan sebagian fisik gedung lama telah dimulai dengan masa pelaksanaan proyek 5 Mei 2023-15 Desember 2023. Terkait pelaksanaan rehab gedung, sebagian aktivitas kerja personil Polres Bangka dipindahkan sementara di Wisma Jaya milik PT Timah Tbk di Jalan Jendral Sudirman Sungailiat.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan jajaran Pemkab Bangka berusaha memberikan bantuan dan dukungan kepada instansi terkait dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyakarat agar semakin prima.

“Ini salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bangka mendorong agar memberikan pelayanan kepada masyarakat semakin baik,” kata Mulkan.

Gedung Polres Bangka lama berdiri dan resmi ditempati pada 19 Februari 2004 dengan diresmikan oleh Kapolda Kepulauan Bangka Belitung saat itu  Kombes Pol Erwin TPL Tobing. Berdiri di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

Saat ini terkait rehab gedung antara lain ruang Kapolres Bangka, Wakapolres, Kabag Ops dan sejumlah PJU dan Satuan fungsi  sebagian dipindahkan sementara di Wisma Jaya. Sementera beberapa fungsi tidak berpindah karena menempati tidak di gedung utama. Seperti Sat Intel, Sat Shabara, Sat Lantas, Sat Polairud serta Sentra pelayan penerimaan laporan masyarakat dan pembuatan SKCK. (mah)