Penambang Ditangkap, Emak-emak Histeris

BANGKA BARAT, LASPELA – Beredar video amatir penangkapan sejumlah penambang timah di perkebunan sawit PT. GSBL, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada akhir bulan April 2024 lalu. Dalam video terlihat petugas keamanan menangkap sejumlah orang di kawasan tambang, serta terdengar jeritan histeris wanita yang memohon.

“Pak jangan dibawa Pak. Kenapa polisi menangkap seperti ini Pak, jangan secara kasar pak. Secara baik-baik pak. Tolong lah pak kami orang Ibul ini Pak, ya Allah,” ucapnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Bangka Barat, AKP Ecky Widi Prawira mengatakan, penangkapan sejumlah penambang itu dilakukan oleh satpam PT. GSBL pada Selasa (23/4/2024) lalu. Dari penangkapan tersebut, satu orang berinisial SB (43) ditetapkan menjadi tersangka, lantaran mencoba menyerang petugas dengan senjata tajam.

“Jadi kita mendapatkan laporan dari satpam GSBL, katanya ada tindakan pengancaman yang membawa senjata tajam. Sudah kita proses, jadi kita persangkakan dengan undang-undang darurat, memiliki senjata tanpa izin,” katanya, Rabu (1/5/2024).

AKP Ecky menyampaikan, saat ini tersangka dan barang bukti berupa senjata tajam jenis mandau sudah diamankan di Mapolres Bangka Barat.

“Tersangka sudah kita tahan, tinggal di proses saja. Lain dan sebagainya dari pihak pelapor, kalau kita on the track karena ada laporan kita tangani,” ucapnya. (oka)